MEDAN – Sumatera Utara (Sumut) merupakan rumah bagi berbagai suku yang hidup dalam keadaan rukun dan harmonis. Termasuk salah satunya masyarakat suku Jawa yang tergabung dalam paguyuban Pujakesuma (Putera Jawa Kelahiran Sumatera), turut memperkaya keberagaman suku di Sumut dan berkontribusi pada pembangunan.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Dr Ir Hj Sabrina MSi saat membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) Pujakesuma Provinsi Sumut yang ke IV Tahun 2018, di Hotel Grand Kanaya Jalan Darussalam No. 12 Medan, Sabtu (10/11).

“Sesuai dengan tema yang diangkat dalam Muswil ini, yakni Pujakesuma menjadi bagian dari solusi untuk memecahkan permasalahan bangsa, semoga Pujakesuma Provinsi Sumut semakin meningkatkan perannya, tidak hanya dalam pembangunan tapi juga dalam memelihara kerukunan di Sumut,” ucapnya.

Menurut Sabrina, semakin beragam suku suatu daerah, semakin kaya daerah tersebut. Kaya dengan gagasan, inovasi, budaya, tradisi, dan lainnya. Untuk itu, dirinya berharap perbedaan yang ada di Sumut tidak dijadikan sebagai jurang pemisah, tetapi sebagai kekuatan yang mempercepat kemajuan Sumut.

“Dalam Muswil ini, saya ingin sampaikan tiga harapan saya kepada Pujakesuma. Pertama, perkokoh dan tingkatkan semangat persatuan dan kesatuan tidak hanya sesama Pujakesuma tapi juga dengan masyarakat lainnya di Sumut,” tutur Sabrina.

Kedua, Sabrina mengingatkan agar tidak mudah terpancing dengan isu-isu yang berpotensi memecah belah dan mengancam keharmonisan yang selama ini terjaga di Sumut. Sedangkan yang terakhir, mengedepankan filosofi yang selama ini dijunjung oleh Pujakesuma yakni rukun, raket, regeng, rumekso.

BACA JUGA  Festival Danau Toba 2018 Dibuka, Masyarakat Sumut Diajak Beramai-ramai Kunjungi Danau Toba

“Semoga Muswil berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan. Semakin banyak program-program Pujakesuma yang mendukung program Pemerintah Provinsi Sumut dan menyejahterakan masyarakat,” pesannya.

Pembukaan Muswil Pujakesuma Provinsi Sumut yang ke IV Tahun 2018 ditandai dengan pemukulan gong oleh Sekdaprov Sumut Sabrina didampingi Ketua DPP Pujakesuma H Suratman Sp dan Ketua DPW Pujakesuma Sumut Drs Sugiatno MSi.

Ketua DPW Pujakesuma Sumut Drs Sugiatno MSi, dalam sambutannya, menyampaikan bahwa di masa depan Pujakesuma akan fokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk itu, gencar dilakukan pemberian beasiswa kepada putra-putri Pujakesuma yang tidak mampu untuk melanjutkan perkuliahan.

“Tahun lalu, kita memberikan beasiswa kepada 33 anak. Tahun ini, ada enam. semoga di masa depan, dengan dukungan berbagai pihak tentunya, semakin banyak putra-putri Pujakesuma di kabupaten/kota Sumut yang memperoleh beasiswa,” katanya.

Ketua Panitia Muswil Pujakesuma Provinsi Sumut Joko Susilo menyampaikan bahwa Muswil akan membahas pertanggungjawaban Ketua DPW Pujakesuma Sumut periode 2013-2018 sekaligus memilih Ketua DPW Pujakesuma Sumut periode 2018-2023 dan membahas program kerja di masa depan.

Turut hadir dalam Muswil Pujakesuma Provinsi Sumut Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI Ir Bambang MM, Asisten Perekonomian, Pembangunan, dan Kesejahteraan Ibnu Sri Hutomo, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Hidayati, Sekjen Gabungan Asosiasi Petani Perkebunan Indonesia Gamal Nasir, Pengurus dan Majelis Pertimbangan Organisasi DPP Pujakesuma, Pengurus dan Majelis Pertimbangan Organisasi DPW Pujakesuma Provinsi Sumut, Pengurus dan Majelis Pertimbangan Organisasi DPD Pujakesuma Kabupaten/kota se-Sumut.**

BACA JUGA  Belanda Minat Jajaki Kerja Sama Tiga Sektor dengan Sumut