Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Ir Hj R Sabrina MSi melaksanakan kegiatan Safari Ramadan 1440 H/ 2019 M bersama rombongan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut di Kabupaten Labuhanbatu yang diselenggarakan di Rumah Dinas Bupati Labuhanbatu Jalan W.R. Supratman - Rantauprapat, Jum'at (10/5/2019). Sekda berharap, Kabupaten Labuhanbatu, yakni kampung halamannya menjadi daerah maju. (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu : Veri Ardian)

LABUHANBATU – Usai berkunjung dan bersilaturahmi dengan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Ir Hj R Sabrina MSi beserta rombongan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut kembali melanjutkan kegiatan Safari Ramadan 1440 H/2019 M ke kampung halaman Sekda yakni Rantau Prapat, Kabupaten Labuhanbatu, Jumat (10/5).

Sabrina dan rombongan diterima langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe, Sekretaris Daerah Labuhanbatu Ahmad Muflih, OPD dan unsur Forkopimda Labuhanbatu di Pendopo Rumah Dinas Bupati Labuhanbatu, Jalan WR Supratman Rantauprapat, Labuhanbatu.

“Sebagai putri dari daerah ini, sudah pasti saya ingin melihat kampung saya menjadi daerah yang maju. Untuk itu, lewat safari Ramadan ini, kita bersilaturahmi dan saling update informasi pembangunan yang sudah terlaksana di sini. Mudah-mudahan, kebutuhan pembangunan yang sudah disampaikan oleh Bapak Bupati tadi akan kami tindak lanjuti,” ujar Sabrina.

Kunci penting menuju kemajuan tersebut, kata Sabrina, terletak pada persatuan dan kesatuan. Perbedaan sudah pasti ada, namun kebersamaan harus lebih diutamakan demi kemajuan bersama. Dalam sambutannya, Sabrina juga menyampaikan harapan agar bulan ramadan menjadi momentum untuk umat Islam membiasakan diri turut dan bersemangat dalam memakmurkan masjid. Tidak hanya selama bulan Ramadan, tetapi juga usai ramadan berakhir.

“Banyak aktivitas ibadah yang terlaksana di masjid selama bulan Ramadan. Mulai dari pengajian, tadarus, shalat tarawih, dan lainnya. Saya harap, kita umat Islam beramai-ramai aktif mengikuti aktivitas-aktivitas ibadah tersebut. Dan mudah-mudahan semangat ini terus berlanjut, hingga ramadan berakhir, kita makmurkan masjid-masjid kita,” ujarnya.

BACA JUGA  Pengendalian Inflasi Jelang Akhir Tahun, Sabrina : Ada 10 Butir yang Harus Diperhatikan

Sabrina mengaku bersyukur banyak umat muslim yang berlomba-lomba dan melakukan usaha kolektif untuk membangun masjid. Namun, dirinya menyayangkan masih banyak yang sering terlupa untuk kemudian memakmurkan masjid-masjid yang telah dibangun tersebut. “Untuk itu lah, Ramadan ini kita jadikan sebagai ajang pembiasaan diri untuk aktif dan semangat melangkah ke masjid,” ucapnya.

Selain itu, dirinya juga mengajak masyarakat agar lebih peka dengan lingkungan sekitar, khususnya yang menyangkut kehidupan kaum dhuafa dan anak yatim piatu. Ajakan memperbanyak sedekah pun ia sampaikan. “Selain memberi manfaat untuk orang lain, sedekah juga pasti akan mendatangkan kebaikan dan keberkahan bagi diri kita,” tuturnya.

Selanjutnya, Sabrina pun menjelaskan bahwa Safari Ramadan merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh Pemprov Sumut sebagai ajang silaturahmi dengan pemerintah dan masyarakat di daerah-daerah. Juga, untuk mengetahui perkembangan pembangunan yang ada di daerah tujuan.

Sementara itu, Plt. Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe mengucapkan selamat datang kepada Sekda Sabrina dan rombongan Safari Ramadan Pemprov Sumut. “Ibu Sekda Provsu ini adalah salah satu putri daerah Labuhanbatu, saya bergaul dan berteman dengan adik bungsu beliau. Selamat pulang kampung, Ibu,” ucapnya.

Andi Suhaimi menyampaikan bahwa ada dua sektor prioritas yang menjadi fokus pembangunan Kabupaten Labuhanbatu saat ini, yakni pendidikan dan kesehatan. “Di bidang kesehatan, kita sedang mengusahakan untuk merampungkan pembangun rumah sakit umum berstandar internasional dan untuk pendidikan kita rajin mengirimkan generasi muda kita sekolah di Luar Negeri, di Kairo. Tahun lalu lima orang, tahun ini delapan orang untuk menjadi penerus ulama-ulama kita,” tuturnya.

BACA JUGA  OPD Pemprov Sumut Dilatih Penggunaan Aplikasi SIMDA

Acara Safari Ramadan 1440 H/2019 di Labuhanbatu diawali dengan baramah-tamah dan mendengarkan tausiyah sembari menunggu waktu berbuka. Usai berbuka, dilanjutkan dengan salat maghrib berjamaah. Saat itu, dilakukan pula penyerahan tali asih bagi anak yatim piatu panti asuhan, para ulama, dan masjid At – Taqwa Rantau Prapat. Acara safari ramadan turut dihadiri oleh Asisten dan OPD Pemprovsu, unsur forkopimda Labuhanbatu, alim ulama, tokoh masyarakat, organisasi masyarakat dan Islam, dan masyarakat umum.**