Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi Msi diwakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Dr Drs Arsyad Lubis MM, saat melakukan safari Ramadhan ke Kabupaten Langkat, di Serambi Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat, Minggu malam (20/5).

LANGKAT – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr Ir HT Erry Nuradi Msi diwakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Dr Drs Arsyad Lubis MM menyerahkan bantuan kepada anak yatim, alim ulama, dan sekolah di daerah pesisir, saat melakukan safari Ramadhan ke Kabupaten Langkat, di Serambi Jentera Malay Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat, Minggu malam (20/5).

Bantuan diserahkan kepada 100 anak yatim, 100 alim ulama dan sekolah di Jaring Halus. Selain itu, Arsyad juga melakukan penyerahan Surat Keputusan (SK) kenaikan pangkat kepada 11 guru SMA/SMK wilayah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Stabat, yang meliputi Kabupaten Langkat dan Kota Binjai.

“Selain bantuan-bantuan yang biasa kita berikan, seperti kain sarung, uang, transportasi, dan sembako bagi anak yatim, ulama, dan tokoh-tokoh masyarakat, tahun ini khusus di Langkat, saya tadi juga membawa bantuan lainnya dari Bapak Gubernur. Bantuan tersebut yakni seperangkat alat drum band khusus untuk anak-anak kita yang ada di Jaring Halus,” ujar Arsyad.

Dijelaskan Arsyad, Jaring Halus merupakan daerah pesisir yang sedikit terluar dari Stabat. Untuk menjangkau daerah tersebut harus terlebih dahulu melalui laut. Sebelumnya, dalam kunjungan Gubsu Erry ke Jaring Halus, murid-murid sekolah di sana meminta untuk disediakan seperangkat drum band yang segera direalisasikan Gubsu pada acara safari Ramadhan.

“Semoga bantuan-bantuan yang diberikan bermanfaat bagi masyarakat yang menerima. Ini lah salah satu manfaat besar dari safari Ramadhan. Pemerintah melakukan perjalanan untuk menjangkau dan menjalin hubungan dengan berbagai lapisan masyarakat, kemudian melakukan upaya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat di lapangan,” katanya.

Lebih lanjut, Arsyad menambahkan, safari Ramadhan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) juga bertujuan untuk menyampaikan informasi-informasi pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah kepada masyarakat di kabupaten/kota. Juga, menjemput aspirasi dari masyarakat yang ada di kabupaten/kota untuk kemudian dibawa ke provinsi menjadi rumusan kebijakan pembangunan pada masa-masa yang akan datang.

Terkait pembangunan, Arsyad berharap masyarakat turut berpartisipasi terutama dalam menjaga ketertiban dan keamanan sehingga pembangunan yang dilakukan pemerintah bisa terlaksana dengan baik. “Apabila pembangunan terlaksana dengan baik, masyarakat adalah yang paling utama merasakan manfaatnya. Seperti yang saya rasakan hari ini, dari Medan ke Langkat lewat tol jadi lebih cepat. Itu lah manfaat pembangunan,” jelasnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat Dr H Indra Salahuddin MKes MM, mewakili Bupati Langkat Ngogesa Sitepu, mengucapkan selamat datang sekaligus terima kasih kepada Pemprovsu atas bantuan-bantuan yang diberikan pada acara Safari Ramadhan di Langkat.

“Kami sangat berterima kasih untuk bantuan yang diberikan khususnya bagi anak yatim dan bantuan ke sekolah di daerah pesisir. Salam hormat kami semua dari Kabupaten Langkat untuk Bapak Gubernur, kami berharap bantuan seperti ini akan terus ada pada tahun-tahun berikutnya dan insya Allah ini sangat bermanfaat bagi masyarakat,” kata Indra.

Turut hadir dalam safari Ramadhan tersebut Kepala Biro Binsos dan Kemasyarakatan Setdaprovsu Muhammad Yusuf, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas Sitorus, Kepala Dinas Sosial Provsu H Rajali SSos MSP, Kepala Dinas Pengolahan Sumber Daya Air (PSDA) Provsu Lukmanul Hakim, Kepala Bagian Humas Setdaprovsu Dra Indah Dwi Kumala, mewakili Dinas Kominfo Provsu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kanwil Kemenag Provsu H Tengku Darmansah MA, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Medan Prof Dr Mohammad Hatta, Unsur Forkopimda Kabupaten Langkat, Pejabat Eselon di Lingkungan Pemkab Langkat, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta organisasi kepemudaan dan Islam.**