MEDAN – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menyantuni anak yatim piatu dalam kunjungan sosial ke panti-panti asuhan di Kota Medan, Kamis (12/4). Santunan berupa paket bahan kebutuhan pokok diserahkan kepada sembilan panti asuhan yang ada di Medan.

“Kunjungan sosial ini merupakan salah satu kegiatan tahunan kita dalam rangka memperingati HUT Pemprovsu. Kegiatan ini menjadi tanggung jawab Biro Sosial dan Kesejahteraan Setdaprovsu untuk menyemarakkan semangat berbagi khususnya pada anak-anak yatim piatu,” ujar Ketua Harian Panitia HUT ke 70 Pemprovsu, yang juga Kepala Biro Binsos dan Kemasyarakatan Sekretariat Daerah Provinsi Sumut (Setdaprovsu) Muhammad Yusuf.

Kunjungan sosial dibagi menjadi empat kelompok tim yang ditanggungjawabi oleh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), staf, dan perwakilan donatur perusahaan. Setiap tim mengunjungi dan menyalurkan santunan kepada dua sampai tiga panti asuhan.

Panti asuhan yang mendapatkan santunan berbeda setiap tahunnya. Bentuk santunan yang diberikan dibuat dalam bentuk paket sembako yang setara dengan Rp 300 ribu per paketnya. Untuk satu panti asuhan, rata-rata menerima 20 sampai 25 paket bahan kebutuhan pokok.

Selain dari OPD Setdaprovsu, donasi juga berasal dari perusahaan-perusahaan besar di Sumut yaitu PTPN IV, PDAM Tirtanadi, PT KIM, PT Pegadaian, PT Perkebunan Provsu, RSU Haji Medan, PTPN III, PT Bank Sumut, RSJD Provsu, dan PT Telkom Regional Sumatera.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu M Ilyas Sitorus menyampaikan, kegiatan sosial ini sudah menjadi agenda rutin di Pemprovsu. Karena itu, tidak hanya kemeriahan, perayaan HUT Pemprovsu juga diisi dengan berbagai kegiatan sosial. Seperti pelayanan kesehatan gratis, pasar murah dan pemberian santunan ke panti asuhan. “Dan ke depan, kita berupaya akan meningkatkan lagi, baik jumlah bantuan yang diberikan ataupun jumlah penerimanya,” ujarnya.

Sebagai salah satu penerima santunan dari Pemprovsu, Pengurus Harian Panti Asuhan Zending Islam Dra Zunaidar mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih. “Saya mewakili Pengurus Panti Asuhan Zending Islam mengucapkan terima kasih banyak. Ini adalah bentuk partisipasi untuk mendukung kami memelihara dan merawat anak-anak yatim piatu. Semoga bantuan ini menjadi amal jariyah bagi para donatur,” katanya.

Sepakat dengan Zunaidar, Pembina Anak-Anak di Panti Asuhan Putri Aisyah Elisa Nirmala juga sangat berterima kasih karena telah menerima bantuan. “Alhamdulillah, panti kita sudah beberapa kali menerima santunan dari Pemprovsu. Bantuan ini akan kami pergunakan sebaik-baiknya dan sudah pasti sangat dibutuhkan oleh putri-putri kami di Panti ini,” ujarnya.

Adapun panti asuhan yang disambangi oleh tim Pemprovsu dalam kunjugan sosial tersebut yakni Panti Asuhan Zending Islam, Panti Asuhan Putri Aisyah, Panti Asuhan Bait Allah, Panti Asuhan Terima Kasih Abadi, Panti Asuhan Al-Washliyah Medan Johor, Panti Asuhan Rafhael, Panti Asuhan Pengharapan, Panti Asuhan Putra Muhammadiyah, dan Panti Asuhan Mamiyai.**