Tim Penilai Lomba Dekorasi Ruang dalam rangka menyambut HUT ke-73 Kemerdekaan RI, melakukan kunjungannya ke ruangan Biro Humas dan Keprotokolan Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Utara, Selasa (14/8/2018). Tujuan dari perlombaan tersebut adalah untuk melihat bagaimana suasana yang ada pada masing-masing Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) yang ada di jajaran Pemprov Sumut. (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu : Veri Ardian)

MEDAN – Memeriahkan perayaan HUT ke-73 Kemerdekaan RI, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) melakukan penilaan dekorasi ruangan di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD). Kriteria kebersihan, kerapian, keasrian dan keramahtamahan menjadi poin penting dalam lomba ini.

Tim Penilai Lomba Dekorasi Ruang dalam rangka menyambut HUT ke-73 Kemerdekaan RI, Bidasari Daulay dalam kunjungannya ke beberapa ruangan biro di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) menyebutkan bahwa tujuan dari perlombaan tersebut adalah untuk melihat bagaimana suasana yang ada pada masing-masing OPD tersebut dengan kriteria yang disebutkan.

“Tujuan akhirnya untuk memotivasi seluruh OPD dan Biro di Pempov Sumut untuk lebih baik lagi. Baik soal penataan ruangan maupun pelayanan yang ramah,” ujar Bidasari.

Dalam penilaian tersebut, lanjut Bidasari, pihaknya berkerja bersama dengan beberapa orang dari OPD atau instansi berbeda. Diantaranya ada Nani Jufri dari TP-PKK Sumut, Ny Suriadi dan Ny Ferlin Nainggolan dari Dharmawanita, Mhd Rifai dari Biro Binsos serta Unggul Sitanggang dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut.

Selain itu, juga dalam rangka mengarahkan agar penataan ruangan di seluruh OPD tidak hanya dilakukan pada saat menyambut HUT RI atau perayaan khusus lainnya. Tetapi bagaimana menjaga kerapian, kebersihan, keasrian dan keramahtamahan layanan secara berkesinambungan. Sehingga tata kelola ruangan terlihat baik sepanjang tahun.

Pun begitu, Bidasari mengakui bahwa ada perbedaan kondisi dan luas ruangan antara OPD (dinas dan badan) dengan Biro di lingkungan Kantor Gubernur Sumut. Dengan begitu, akan ada perbedaan antara kedua jenis instansi dimaksud. Meskipun hal itu tidak masuk dalm indikator penilaian mereka, namun pertimbangan secara fisik berdasarkan luas kantor/ruangan, tetap ada.

“Memang tidak dicantumkan di kriterianya. Tetapi dalam penilaian nantinya, akan ada pertimbangan seperti itu,” sebut perwakilan dari TP-PKK Sumut ini.

Sementara Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut Ilyas S Sitorus menyampaikan, dekorasi ruangan di instansinya dibuat sedemikian rupa. Selain untuk menyambut HUT RI, pihaknya juga menata ruangan secara maksimal, baik untuk kebutuhan bekerja bagi staf maupun fasilitas kepada para wartawan yang disiapkan khusus. “Kita lakukan yang terbaik. Kita berharap upaya ini membuahkan hasil,” sebut Ilyas. **