MEDAN – Untuk mempercepat pembangunan Provinsi Sumatera Utara (Sumut), masyarakat dan pemerintah harus bersinergi bersama. Tanpa dukungan masyarakat, upaya untuk membangun daerah ini tidak akan maksimal.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Dr Ir Hj R Sabrina MSi saat menerima kunjungan Pemuda Pelopor Pemberantas KKN Judi dan Narkoba (P3 KKN JN), di Ruang Kerja Sekdaprovsu, Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Jumat (6/7).

“Selama ini, selalu ada pemikiran bahwa tugas membangun dan memperbaiki Sumut menjadi tanggung jawab pemerintah sepenuhnya. Memang benar, tetapi sebagus apapun program-program yang dibuat oleh pemerintah, jika masyarakat tidak mau bersinergi dan mendukung program-program tersebut, sulit kita memperbaiki Sumut ini,” ujarnya.

Sabrina mengucapkan terima kasih kepada rombongan P3KKNJN yang telah datang dan memberikan masukan kepada dirinya dan Pemerintahan Provinsi Sumut (Pemprovsu). Menurutnya, hal ini merupakan salah satu bentuk jalinan komunikasi antara masyarakat dan pemerintah.

“Saya sangat mengapresiasi kedatangan P3KKNJN, karena kami selaku pemerintah pun masih banyak kekurangan dan butuh koreksi. Dengan adanya bentuk komunikasi seperti ini, kami jadi tahu apa yang menjadi kebutuhan dan kekurangan di tengah masyarakat. Intinya ada feedback lah,” kata Sabrina.

Sabrina juga menjelaskan bahwa Pemprovsu telah berupaya untuk terus berbenah demi memberikan pelayanan publik terbaik bagi masyarakat Sumut. Salah satunya, saat ini sedang diupayakan penerapan pelayanan administrasi tanpa kertas yang terintegrasi dengan sistem digital. Selain itu, disiplin PNS sesuai dengan kehadiran dan tupoksi pun selalu menjadi perhatian.

Sementara itu, Pemimpin Umum P3KKNJN Jupiter R Tamba menyampaikan, kedatangannya beserta rombongan adalah untuk memberikan masukan kepada Pemprovsu, khususnya PNS. “Selama ini bu, citra Sumut selalu identik dengan KKN. Kami harap Ibu sebagai Pembina PNS bisa membawa perubahan. Atas dasar keprihatinan ini lah, kami tergerak untuk datang dan memberi masukan,” ungkap Jupiter.

Lebih lanjut, Jupiter menyampaikan bahwa dirinya dan organisasinya selalu siap untuk diajak bersinergi dan berkerja sama untuk Sumut yang lebih baik. “Kami tentu saja siap menjadi mitra pemerintah, selama itu untuk kemajuan daerah yang kita cintai ini, kami siap. Terlebih-lebih untuk urusan pemberantasan KKN, judi, dan narkoba,” tuturnya.**