Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu), Dr. Ir. Hj. R. Sabrina, M. Si hadiri reuni dan halal bi halal Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Rantau Prapat yang diselenggarakan di Medan Club Restaurant, Jl. Kartini, Medan, Sabtu (14/7/2018). (Foto : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu)

MEDAN – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Dr Ir Hj R Sabrina MSi mengatakan untuk mendapatkan hasil terbaik, setiap orang harus berusaha semampunya. Jangan mengharapkan bantuan orang lain, lantaran diri sendiri yang tahu bagaimana batas dirinya.

“Jadi tingkatkan kemampuan kita, jika dirasa masih kurang,” kata Sekdaprovsu Sabrina saat menghadiri Reuni dan Halal bi Halal Ikatan Alumni SMA 1 Rantau Prapat di Medan Club, Medan, Sabtu (14/7).

Bagi semua orang, kata Sabrina, untuk menjadi posisi Sekdaprovsu bukanlah hal yang mustahil. Saat ini sangat memungkinkan bagi semua orang mengikuti seleksi terbuka. “Saya mengikuti proses seleksi terbuka, seleksi yang terbuka bagi semua orang,” katanya.

Terkait saluran orang dalam, Sekdaprovsu mengatakan lebih mengutamakan profesionalisme. Menurutnya KKN tidak baik, lantaran mengambil hak orang lain. “Saya tidak mau begitu, jika ada yang terbaik maka ikuti prosedur yang sudah ada dan resmi,” katanya.

Sabrina juga tidak memungkiri kemampuan yang dimiliki para juniornya. “Saya yakin dengan kemampuan kalian, tapi kita tidak pernah tahu dengan rahasia Allah SWT,” ujarnya.

Menurutnya, Alumni SMA 1 Rantau Prapat adalah keluarganya. “Kita satu keluarga, satu kampung halaman, kita pernah minum air yang sama, air Sungai Bilah,” ujarnya.

Sabrina pun berpesan, jangan terlena dengan apa yang sudah di dapat. Meski sudah dapat hasil yang baik, jangan berpuas diri, masih banyak hal lain yang bisa didapat. “Kalau terlena kita akan kalah, karena banyak sekali peluang yang ada di depan mata,” ujarnya.

Dikatakan Sabrina, semua orang bisa jadi yang terbaik di tiap bidang. Meski tidak di bidang pemerintahan seperti Sekda, tetap berusaha di bidang yang sedang digeluti. “Percayalah, anak Sumatera Utara, khususnya Labuhan Batu bisa beradaptasi dimana saja karena sudah terbiasa dengan keanekaragamannya, kita bisa masuk di lingkungan mana saja” ujar Sekdaprovsu.

Sementara itu, Ketua Alumni SMA 1 Rantau Prapat Sutan Pardamean bersyukur atas terpilihnya Dr Ir Hj R Sabrina MSi sebagai Sekdaprovsu. “Tentunya, jabatan tersebut merupakan amanah dari Allah karena diberikan jabatan yang strategis. Bertambah lagi satu anak Labuhan Batu yang menjadi Sekretaris Daerah Sumut, sebelumnya ada 3 orang yang sudah menjadi pendahulu, bahkan ia adalah perempuan pertama yang menjabat sebagai Sekdaprovsu,” kata Sutan.

Sebagai alumni, Sekdaprovsu diharapkan dapat menjadi motivasi bagi junior yang sedang meniti karir seperti dirinya. “Semoga ke depan semakin banyak yang ingin menjadi ibu Sabrina, khususnya dalam hal membangun daerah Sumatera Utara,” ujar Sutan.

Pada kesempatan itu juga diadakan acara syukuran atas terpilihnya Hj Sabrina sebagai Sekdaprovsu. “Untuk merayakan itu, kita adakan adat Labuhan Batu yaitu upah-upah, tujuannya untuk menjemput semangat supaya ke depan lebih baik lagi,” kata Sutan.**