Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Dr. Hj. R. Sabrina, M.Si membuka kegiatan Diklat Prajabatan CPNS Golongan I, II dan III di Gedung Diklat Badan Pengbangan Sumber Daya Manusia Pemprovsu Jalan Ngalengko Medan, Selasa (26/6/2018). Para CPNS yang diangkat ini merupakan dari tenaga honorer K1 dan/atau K2 Gelombang XXIII Angkatan 78 dan 79 Tahun 2018.

MEDAN – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Dr Hj R Sabrina MSi memotivasi para Calon Pengawai Negeri Sipil (CPNS) untuk meningkatkan kinerja, ketika membuka Diklat Prajabatan CPNS golongan I, II dan III yang diangkat dari tenaga honorer K1 dan K2 Gelombang XXIII, Selasa (26/6) di aula Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi (BPSDM) Provsu Jalan Ngalengko Medan.

Sabrina mengatakan, Diklat tersebut bertujuan untuk mengubah dan menyatukan pola pikir CPNS, yang berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda. Sehingga dapat menyatukan persepsi yang berbeda dari masing-masing personal.

“Dengan adanya perubahan pola pikir, diharapkan saudara-saudara dapat mengembangkan pola pikir yang positif dan dapat meminimalisir pola pikir yang negatif. Hal ini tentunya akan mensukseskan tugas PNS sebagai abdi negara, abdi masyarakat, pengayom masyarakat dan pelayan masyarakat,” ujarnya.

Para CPNS yang nantinya menjadi PNS juga diharapkan untuk saling mendukung agar mampu melaksanakan tupoksi. Sehingga kedepannya para PNS mampu menyatukan pola pikir, agar tidak terjadi salah persepsi ketika menghadapi suatu masalah.

Selain itu, katanya, Diklat juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM aparatur, yang dilatarbelakangi tuntutan terhadap reformasi sistem kepegawaian, utamanya mengenai sistem manajemen kepegawaian yang belum mampu menciptakan PNS yang profesional dan praktek manajemen kepegawaian yang masih belum mengikuti sepenuhnya prinsip-prinsip manajemen SDM.

Sementara, Kepala BPSDM Provsu Ir Bonar Sirait MSi mengatakan, Diklat Prajabatan CPNS tenaga honorer K1 dan K2 dilaksanakan selama 7 hari, mulai 25 Juni sampai 2 Juli 2018 dengan pembelanjaran berlangsung dari pagi, sore hingga malam hari.

“Diklat ini pesertanya 80 orang berasal dari Langkat 79 orang dan Kota Sibolga  1 orang. Prajabatan ini salah satu syarat untuk diangkat menjadi PNS,” kata Bonar.