MEDAN – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Dr H R Sabrina mengharapkan Pilkada serentak berjalan dengan menyenangkan, tenang, dan aman. Pilkada serentak merupakan pesta demokrasi yang seharusnya dilakukan dengan gembira dan nyaman.

Hal tersebut disampaikan Sabrina usai mencoblos dalam rangka Pilgubsu di TPS 27, Gang Johor, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, Rabu (27/6).

Sumatera Utara, kata Sabrina, adalah provinsi yang heterogen dan damai sejak lama. Hal tersebut tidak boleh dirusak lantaran perbedaan. “Keamanan dan ketenangan di Sumut tidak boleh dirusak. Oleh karena itu, pilkada harus dilaksanakan dengan gembira dan lancar karena ini pesta demokrasi,” ujar Sabrina, yang datang bersama suami dan seorang anaknya.

Agar berjalan lancar, semua petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) diharapkan dapat menjalankan tugasnya dengan baik di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Selain petugas KPPS, masyarakat pemilih juga berperan dalam kelancaran Pilkada serentak. “Pemilih membantu dengan cara mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan,” katanya.

Selain pemilih, para saksi yang bertugas juga memiliki peran penting. “Para saksi harus benar-benar memerhatikan, apa yang disebut Pilkada langsung rahasia betul-betul dapat diciptakan, seperti apa yang sudah ditugaskan kepada mereka,” ujarnya.

Sekda berharap masyarakat beramai-ramai mendatangi TPS untuk menggunakan hak pilihnya, sebab akan menentukan nasib daerah ini 5 tahun ke depan. “Supaya tingkat partisipasi pemilih kita meningkat dari 5 tahun yang lalu. Dan target yang sudah ditetapkan pemerintah pusat kalau bisa dapat kita lampaui. Ini bisa menunjukan bagaimana kesadaran politik kita di daerah masing-masing,” ujarnya.

Ketua KPPS TPS 27 Kecamatan Johor Robby Iskandar mengatakan di TPS tempatnya bertugas tidak memiliki kendala. “Pilgubsu kali ini berjalan lancar, cuacanya pun mendukung, mudah-mudahan dengan kondisi tersebut, antusias masyarakat tinggi,” katanya.

Setelah selesai mencoblos, Sekda Sabrina langsung ikut meninjau TPS-TPS yang menyelenggarakan Pilkada serentak bersama Penjabat Gubernur Sumatera Utara Drs Eko Subowo MBA dan Forkopimda Sumatera Utara. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan Pilkada serentak yang diselenggarakan aman dan kondusif. **