Silaturahmi Bersama Kompas Gramedia Group, Pemprovsu Rencanakan Kerja Sama Tingkatkan Budaya Literasi
Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah mengunjungi Kompas Gramedia Grup di Jl. Wahid Hasyim, Medan. Jum'at (25/1). Kunjungan Silaturahmi ini disambut oleh Pimpinan Perusahaan Tribun Medan Setiawan dan Pemred Harian Tribun Medan Syarif Dayan. Wagubsu yang didampingi Asisten Administrasi Umum dan Aset Sekretariat Daerah Provinsi Sumut Zonny Waldi dan Kepala Balitbang Sumatera Utara Effendy Pohan mengajak untuk mendorong minat literasi di Sumatera Utara melalui peran Media.

MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah beserta sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) berkunjung dan bersilaturahmi dengan pihak Kompas Gramedia (KG) Group, di Gedung KG Group Jalan Wahid Hasyim Medan, Jumat (25/1). Rencana kerja sama antara Pemprovsu dengan KG Group untuk meningkatkan budaya literasi, juga menjadi salah satu pembahasan saat itu.

Kedatangan Wagubsu Musa Rajekshah diterima Pimpinan Perusahaan Tribun Medan Setiawan, Pimpinan Redaksi Tribun Medan Syarif Dayan, Store Manager Toko Gramedia Hindri Gunawan, Manager Kepustakaan Populer Gramedia Pax Benedando, serta karyawan Kompas Medan, Tribun Medan, dan Gramedia Medan.

“Saya mengamati bahwasanya pembangunan itu tidak melulu soal infrastruktur. Tetapi juga harus dimulai dengan membangun karakter masyarakat. Nah, karakter masyarakat ini banyak dipengaruhi dan dibentuk faktor-faktor seperti pendidikan, akses informasi, dan bacaan. Karena itu, kita merasa budaya literasi di Sumut penting untuk ditingkatkan,” ujar Wagubsu Musa Rajekshah yang juga akrab disapa dengan Ijeck.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Ijeck menyampaikan ketertarikan Pemprovsu untuk menjalin kerja sama dengan KG Group, khususnya Gramedia. Apalagi, Gramedia telah berpengalaman melakukan usaha-usaha peningkatan budaya literasi di Indonesia.

“Kita sangat terbuka dengan ide-ide seperti apa nantinya. Akan lebih menarik lagi jika melibatkan konsep digital, karena kita sendiri di Pempovsu juga sedang berbenah mewujudkan tata kelola pemerintahan berbasis elektornik,” kata Ijeck.

BACA JUGA  Pawai Pembangunan Sumut Semarak

Selain membahas rencana kerja sama, Ijeck juga menyinggung hubungan pemerintah dengan media. Katanya, pemerintah dan media itu tentunya saling membutuhkan, khususnya dalam upaya mempercepat pembangunan daerah.

“Kami sangat berharap media membantu kami menjangkau masyarakat, menyebarkan informasi dan fakta yang benar serta objektif. Sumut ini kan luas, kami pemerintah tidak bisa menjangkau 33 kabupaten/kota. Media lah yang membantu kami untuk itu. Kita saling bantu dan saling awasi,” ucapnya.

Sementara itu, Pemimpin Perusahaan Tribun Setiawan dan Pimpinan Redaksi Tribun Syarif Dayan mengucapkan selamat datang kepada Wagubsu dan rombongan. Seperti Ijeck, Setiwan juga setuju bahwa pemerintah dan media harus memelihara hubungan baik dan saling mengingatkan untuk tujuan-tujuan yang baik dan bagi kepentigan masyarakat.

Terkait rencana kerja sama di bidang literasi, Manager Kepustakaan Populer Gramedia Pax Benedando mengusulkan beberapa alternatif untuk mewujudkan budaya literasi di Sumut, yakni membuat pojok baca, perpustakaan digital, dan perpustakaan mobile dengan memanfaatkan moda transportasi.

“Selain itu, konten-konten yang menjadi bahan bacaan juga bisa kita produksi yang mengandung khazanah lokal atau pariwisata Sumut. Bentuknya kita sajikan dalam bentuk komik atau konten kreatif lainnya,” ujarnya.

Pembahasan teknis terkait kerja sama ini akan dibahas dalam rapat lanjutan. Hasil akhir dari pertemuan menyimpulkan tiga bidang kerja sama yang akan dilakukan yakni terkait pengembangan perpustakaan, bahan bacaan yang memuat kearifan lokal, dan pengembangan museum. Turut hadir dalam pertemuan tersebut mendampingi Wagubsu, Asisten Administrasi Umum dan Aset Setdaprovsu Zonny Waldi, Kepala Balitbang Armand Efendy dan Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Setdaprovsu M Faisal.**

BACA JUGA  Hadiri Peringatan Hari Pramuka ke-58, Wakil Gubernur Harapkan Pramuka Sumut Bangkit