Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dan juga Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah menghadiri Silaturahmi Masyarakat Sumut yang ada di Jakarta dan Sekitarnya yang diselenggarakan di Hotel Borobudur, Jalan Lapangan Banteng Selatan No. 1, Jakarta Pusat, Jum'at (9/11/2018). Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Sumut, R. Sabrina dan beberapa OPD Provinsi Sumut.

JAKARTA – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah menghadiri acara silaturahmi bersama Masyarakat Asal Sumut yang ada di Jakarta dan sekitarnya, Jumat malam (9/11) di Flores Ballroom Hotel Borobudur Jalan Lapangan Banteng Selatan, 1 Jakarta Pusat. Gubernur dan Wagub hadir bersama istri Nawal Lubis Edy Rahmayadi dan Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Edy Rahmayadi mengharapkan dukungan dan bantuan masyarakat asal Sumut yang ada di Jakarta dan sekitarnya, untuk membangun dan membesarkan Sumut. Karena, untuk membangun Sumut menjadi provinsi yang sejahtera dan bermartabat membutuhkan dukungan dan bantuan dari seluruh masyarakat Sumut, termasuk yang ada di Jakarta dan sekitarnya.

“Doakan, bantu, dorong dan ingatkan kami (Gubernur dan Wagub Sumut) untuk melakukan yang terbaik untuk membesarkan Sumatera Utara,” ujar Gubernur Edy.

Edy mengatakan, Sumut potensi wilayah geografisnya dari Sabang sampai Merauke tidak ada yang bisa menandingi. Berdasarkan pengalamannya selama aktif di TNI, pernah ditempatkan hampir di seluruh provinsi besar di Indonesia, tapi tidak menjumpai potensi seperti yang dimiliki Sumut. Di Sumut semuanya lengkap, ada nikel, batubara, emas dan sepanjang mata memandang ada perkebunan yang sangat luas.

Di tahun 1980 an, lanjut Edy, Provinsi Sumut pernah menjadi provinsi terbesar nomor 3 di Nusantara. Sumut juga memiliki potensi sumber daya manusia (SDM) yang luar biasa. “Oleh karenanya Minimal kita harus kembalikan posisi itu saat ini. Dan itu tidak akan terjadi kalau masyarakat Sumatera Utara seluruhnya tidak ikut membantu,” ujarnya.

BACA JUGA  Dharma Wanita Berperan Memajukan Keluarga dan Kaum Perempuan

Edy mengajak kepada warga Sumut yang ada di Jakarta dan sekitarnya untuk pulang kampung dan membangun tanah kelahirannya di Sumut. “Marsipature Huta Na Be ini sering diucapkan tapi jarang kali dilaksanakan. Rajin-rajin pulang kampung. Mari kita Laksanakan ini,” katanya.

Gubernur juga mengapresiasi kegiatan silaturahmi yang rutin dilaksanakan tersebut. Namun diharapkan ke depan, acara tersebut dapat dikemas berbeda. “Setiap tahun saya mendengar dilaksanakan seperti ini. Insya Allah lain waktu kegiatannya tidak selalu monoton seperti ini. Kita bisa saling bertukar pikiran. Kami menerima masukan demi majunya kampung kita bersama,” sebut Edy.

Ucapan terimakasih juga disampaikan Gubernur kepada masyarakat Sumut, termasuk yang ada di Jakarta dan sekitarnya, karena telah mempercayakan dirinya dan Musa Rajekshah untuk memimpin Sumut lima tahun ke depan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut. “Ini berkat doa dan dukungan Bapak/Ibu sekalian. Terima kasih tetap dukung kami,” ucapnya.

Sekjen Kerukunan Keluarga Sumatera Utara (KKSU) Rabiah Siregar yang didampingi Wakil Ketua KKSU M Tarigan menyapaikan bahwa KKSU sebagai mitra Pemprov akan mendukung program pembangunan Sumut di bawah kepemimpinan Gubernur Edy Rahmayadi dan Wagub Musa Rajekshah lima tahun ke depan. “Kami bangga, akhirnya terpilih putra daerah yang akan memimpin Sumatera Utara lima tahun ke depan,” sebutnya.

Panitia penyelenggara Affan Hasibuan mengatakan, kegiatan silaturahmi yang dilaksanakan merupakan kegiatan rutin tahunan yang selalu diselenggarakan sejak zaman Gubernur Sumut Raja Inal Siregar yang terkenal dengan slogan “Marsipature Huta Na Be” atau membangun kampungnya masing-masing.

BACA JUGA  Tren Konsumsi Kopi Meningkat, Wagubsu Sebut Tebingtinggi Cermat Tangkap Peluang

Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin hubungan yang harmonis antara Pemprov Sumut dengan masyarakat Sumut yang berada di Jakarta dan sekitarnya. Serta untuk memperat hubungan dengan tokoh-tokoh Sumut dari 8 etnis yang ada di Jakarta dan sekitarnya.

“Sehingga persaudaraan dan kesetiakawanan dapat terus terjalin. Dan yang paling utama masyarakat Sumatera Utara yang ada di Jakarta ingin bersilaturahmi dan mengenal lebih dekat dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara yang baru dilantik,” ujar Affan.

Acara yang juga diisi dengan pertunjukan tari-tarian tradisional asal Sumut itu dihadiri para tokoh nasional, tokoh masyarakat, tokoh adat yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya. “Jumlah yang hadir kurang lebih 1.100 orang,” sebutnya.

Turut Hadir Anggota DPD dan DPR RI asal Sumut, para pejabat asal Sumut yang menduduki posisi penting di Jakarta, Sekdaprovsu Hj Sabrina bersama beberapa kepala OPD Pemprovsu, pengurus KKSU dan ribuan masyarakat Sumut di Jakarta dan sekitarnya. **