Medan – Meningkatkan keprotokolan kepada Anggota DPR RI, Sekretariat Jendral (Sekjen) dan Badan Keahlian (BK) DPR RI melakukan sosialisasi dan koordinasi keprotokolan dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu).

Sosialisasi dan koordinasi ini dilakukan dengan mengunjungi Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu, Kamis (8/3). Rombongan Biro Protokol DPR-RI yang dipimpin Kepala Biro Protokol DPR-RI Suratna ini diterima Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas S Sirorus SE MPd yang kemudian mengenalkan ruangan, serta para staf yang ada di Biro Humas dan Keperotokolan Setdaprovsu.

Suratna bersama 6 pegawai keprotokolan DPR-RI sempat terlibat dialog dengan para pegawai Humas yang saat itu sedang sibuk bekerja. “Saya lama di Humas, jadi saya senang sekali bisa berkesempatan hadir di sini, untuk jabatan protokol baru ini,” katanya, saat berdialog langsung dengan beberapa staf Biro Humas dan Keperotokolan Setdaprovsu yang ada.

Menurutnya, kedatangan dirinya dan rombongan untuk mengharapkan bantuan para protokol di Pemprovsu untuk berkoordinasi tentang layanan keprotokolan Bandara bagi anggota DPR RI di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumut.

Seperti diketahui, tugas protokol bukan hanya sekadar memandu sebuah acara, tapi juga mampu menciptakan suasana yang nyaman sehingga acara yang digelar berjalan lancar. “Untuk itu perlu ada kerjasama dan koordinasi antara protokol kami dengan protokol yang ada di daerah,” ujarnya.

Kepala Biro Humas dan Keperotokolan Setdaprovsu Ilyas S Sitorus menyampaikan terima kasih atas kunjungan rombongan Protokol DPR-RI. Dia memastikan para pimpinan dan anggota DPR-RI yang hadir dalam satu acara dengan pimpinan Pemprovsu akan mendapat hak yang sama. “Kita tegaskan hak-hak keprotokolan DPR-RI yang hadir di Sumut akan diperlakukan sama,” tegasnya.