Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas Sitorus, Wakil Bupati Asahan H Surya, BSc, SKPD serta Forkopinda Kabupaten Asahan.

ASAHAN – Kurban Gubernur Sumatera Utara dalam rangka Sumut berkurban mendapat kesempatan pertama dilakukan penyembelihan di Asahan, Sabtu (2/9). Penyembelihan itu disaksikan Wakil Bupati Asahan H Surya, BSc, SKPD serta Forkopinda Kabupaten Asahan.

Sementara mewakili Gubernur Sumut, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Ilyas Sitorus yang hadir menyerahkan dan turut serta menyaksikan pemotongan hewan kurban tersebut.

Diawal sambutan Gubsu yang disampaikan Ilyas Sitorus menyampaikan salam hormat dari Gubsu Dr Ir H T Erry Nuradi MSi yang tidak bisa bersama dalam kesempatan yang mulia ini karena melaksanaan ibadah haji.

“Kita doakan semoga semua jemaah haji asal Sumut senantiasa dalam kemudahan dan lindungan Allah SWT serta menjadi haji dan hajjah yang mabrur,” ucap Ilyas membacakan pidato Gubernur seraya diaminkan oleh hadirin yang berhadir.

Dalam amanatnya Gubsu menyampaikan bahwa Hari Raya Kurban atau Hari Raya Idul Adha adalah sebuah hari dimana kita memperingati peristiwa penyembelihan Nabi Ismail as putra Nabi Ibrahim as. Dalam rangka menguji sampai dimana ukuran ketaqwaan Nabi Ibrahim as. kepada Allah SWT. Atas kehendak Allah juga Nabi Ibrahim menyembelih putranya Nabi Ismail, yang kemudian atas kekuasaan-Nya Nabi Ismail diganti dengan seekor domba.

“Dari kisah tersebut kita dapat mengambil sebuah hikmah yang baik, bahwa setiap manusia hendaklah rela berkorban, baik dengan harta benda, jiwa raganya bila diperlukan, baik itu untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara, dan khususnya bagi agama kita,” ucap Gubernur yang disampaikan Ilyas.

BACA JUGA  Bakal Ada Penghapusan Data Kendaraan Masyarakat Sumut Diimbau Manfaatkan Pemutihan BBN-KB dan Denda PKB

“Yang menjadi pertanyaan disini hanyalah, apakah kita sudah mengukur kadar rasa pengorbanan pada diri kita masing-masing? Apakah kita sudah siap kehilangan harta dan tenaga kita jika ada seseorang yang memerlukan pertolongan kita? Apakah kita sudah siap untuk berkorban apabila bangsa kita membutuhkan? Dan apakah kita siap untuk kehilangan harta dan tenaga apabila agama kita membutuhkan?” katanya.

“Tentu jawaban semua pertanyaan tersebut hanya terletak di dalam hati masing-masing. Tetapi, apa yang kita lakukan dengan berkorban menyembelih binatang ternak ini adalah salah satu wujud perbuatan amal dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,” ucap Gubsu.

Kegiatan seperti ini dilakukan serentak di 33 kab/kota dengan tema Sumut Berkurban yang merupakan ide dari Gubsu. “Dan kami yakin juga kab/kota juga melakukan hal yang sama seperti di kabupaten asahan ini,” katanya.

Pada kesempatan itu, Ilyas mengucapkan terimakasih pada Bupati Kabupaten Asahan karena memberikan kesempatan pertama dalam pelaksanaan ibadah Kurban penyembelihan pertama Kurban Gubernur Sumut Dr IR Tengku Erry Nuradi MSi.

“Demikian halnya tentang masalah kurban ini, kita tidak hanya dituntut untuk berkurban hanya pada Hari Raya Idul Adha saja, tetapi dalam kehidupan keseharian kita juga harus selalu melakukannya, jika kita mampu dan ada yang membutuhkan. Jadi dengan peringatan Hari Raya Idul Adha ini, mari kita tingkatkan nilai keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, dengan jalankan semua perintah Allah SWT,” ucap Ilyas mengakhiri sambutan Gubsu.

BACA JUGA  Bakal Ada Penghapusan Data Kendaraan Masyarakat Sumut Diimbau Manfaatkan Pemutihan BBN-KB dan Denda PKB