Plt Sekda Provsu Ibnu Sri Hutomo menyerahkan hewan qurban Pemprovsu kepada yayasan ACT Sumut di Bagan Deli, Jumat (1/9)

MEDAN – Dalam rangka menyemarakkan Hari Raya Hari Raya Idul Qurban 1438 H yang jatuh pada Jumat (1/9), Pemprovsu bekerjsasama dengan Aksi Cepat Tanggap mendistribusikan 149 hewan qurban di 33 Kabupaten/Kota Sumatera Utara.

Diantara hewan-hewan kurban tersebut adalah seekor sapi berbobot 1 ton pemberian Presiden Joko Widodo yang disembelih di Masjid Raya Almaksum Jl Sisingamangaraja Medan usai sholad Ied.

Penyebaran qurban tahun ini, Pemprov Sumut bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) dalam mendistribusikan hewan qurban dengan tagline “Sumut Berqurban”. Mewakili Gubernur Sumatera Utara Dr Ir H Tengku Erry Nuradi, M.Si, Plt Sekdaprovsu Ir Ibnu S Hutomo MM menyerahkan hewan Qurban kepada panitia penyembelihan qurban Aksi Cepat Tanggap Sumatera Utara di Tempat Penampungan Ikan (TPI) Bagan Deli Kecamaatan Medan Belawan Medan pada Hari Jumat (1/9).

Ibnu menyerahkan seekor sapi yang diperkirakan berbobot 1 ton dari Pemprov Sumut kepada tokoh masyarakat setempat Ustad Ismail. Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap Sumatera Utara Roni menjelsakan pihaknya mendistribusikan 7 ekor hewan qurban di kawasan Medan Belawan.

Ibnu menyampaikan harapan agar hewan qurban tersebut bisa bermanfaat bagi warga yang membutuhkan. Kegiatan distribusi hewan qurban oleh Pemprovsu menurut Ibnu menjadi tradisi dalam rangka syiar agama memeriahkan Hari Raya Idul Adha dan berbagi untuk masyarakat yang mebutuhkan.

Sementara itu, Kepala Biro Sosial dan Kesejahteraan Pemprovsu Muhammad Yusuf kepada wartawan di Kantor Gubsu, Kamis (31/08/2017) menjelaskan penyebaran hewan qurban tersebut merupakan agenda yang dikemas dengan program “Sumut Berqurban”.

Kepala Biro Sosial dan Kesejahteraan Pemprovsu Muhammad Yusuf kepada wartawan di Kantor Gubsu, menjelaskan bahwa Sumut Berkurban berhasil menghimpun dan mendistribusikan 149 hewan kurban sapi yang diantaranya terdiri atas seekor sapi sumbangan presiden RI, 65 ekor yang dihimpun ACT, 33 ekor dari APBD Provsu TA 2017 dan 50 ekor dari staf -staf SKPD di lingkungan Pemprovsu.

Dalam keterangan pers dipandu Kabiro Humas dan Keprotokolan Pemprovsu, Ilyas Sitorus, Muhammad Yusuf menjelaskan, tahun ini, Pemprovsu juga menebarkan 33 ekor lembu untuk disembelih di 33 Kabupaten/Kota di Sumut. Hewan qurban tersebut dibiayai APBDSU tahun 2017, yang dimaksudkan untuk menebar kebaikan di bulan idul qurban.

“Hewan qurban lainnya merupakan pemberian dari lembaga Aksi Cepat Tanggap (ACT) sebanyak 65 ekor lembu”, katanya.

Selain itu, sebanyak 50 ekor hewan qurban juga akan disembelih di kantor-kantor SKPD Pemprovsu, yang merupakan hewan qurban pemberian pejabat dan staf di SKPD lingkungan Pemprovsu. Jadi total hewan qurban yang akan disembelih dalam Program Sumut Berqurban sebanyak 149 ekor.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.