Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah melepas sekaligus menyaksikan Sumut Rally 2018 di Lonsum Rambong Sialang Estate, Serdangbedagai, Sabtu (17/11/2018). Wagubsu berharap kedepan Sumatera Utara dapat menjadi tuan rumah kejuaraan olah raga tingkat Nasioanal dan Internasional. (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu : Veri Ardian)

SERDANGBEDAGAI – Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah berharap dan menargetkan agar Sumut semakin sering menjadi tuan rumah untuk acara-acara kejuaraan olahraga. Tidak hanya tingkat nasional, tetapi juga internasional.

Hal ini disampikan Wagub Musa Rajekshah usai membuka acara Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumatera Utara Rally Championship seri kedua dan ketiga di Rambong Sialang Estate Kabupaten Serdangbedagai, Sabtu (17/11). Wagub Musa Rajekshah kemudian melepas peserta lomba dan menyaksikan aksi balap mereka.

“Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut sudah pasti sangat mendukung kegiatan-kegiatan olahraga seperti ini. Bahkan target kita kedepannya, ada banyak kejuaraan olahraga tingkat internasional yang terlaksana di Sumut. Kegiatan seperti ini bisa menjadi ajang bagi kita untuk promosi wisata Sumut,” ucap Musa Rajekshah yang juga akrab disapa dengan Ijeck.

Sport tourism, kata Ijeck, adalah salah satu strategi untuk promosi wisata melalui kegiatan-kegiatan kompetisi olahraga. Ijeck menilai strategi sport tourism ini cocok untuk diterapkan di Sumut. Jalur sungai Asahan, misalnya, disebut-sebut sebagai arung jeram terbaik ketiga di dunia. Begitu pun di Nias, sering jadi tuan rumah kompetisi selancar internasional.

“Hari ini, observer dari federasi internasional otomotif dari London dan Australia datang untuk melihat dan memantau pelaksanaan kegiatan ini. Mereka akan menilai apakah kita di Sumut ini bisa menjadi negara kandidat kejuaraan dunia dua tahun mendatang. Kita harap bertambah cabang-cabang olahraga tingkat nasional yang terselenggara di Sumut, termasuk kejuaraan Rally ini,” harap Ijeck.

BACA JUGA  Tren Konsumsi Kopi Meningkat, Wagubsu Sebut Tebingtinggi Cermat Tangkap Peluang

Dikatakan Ijeck, ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh Sumut melalui kegiatan seperti ini. Baik bagi pemerintahan, perekonomian masyarakat khususnya yang tinggal di sekitar lokasi pelaksanaan kejuaraan dan para atlet. Juga mendukung promosi dan pengembangan sektor wisata di Sumut.

“Semakin banyak orang yang berkunjung ke Sumut, akan memberikan kesan bahwa Sumut itu adalah daerah yang ramah. Artinya memudahkan dan meningkatkan kepercayaan investor untuk beinvestasi di sini. Investasi meningkat, maka percepatan pembangunan di Sumut pun bisa terlaksana,” jelasnya.

Ijeck, yang juga didampingi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumut Baharuddin Siagian, mengabarkan bahwa dalam waktu dekat juga akan ada kegiatan kejuaraan tingkat nasional yang dilaksanakan di Sumut, yakni cabang olahraga bela diri dan arung jeram pada bulan Desember.

Ijeck mengajak masyarakat untuk mendukung dan membantu menyukseskan acara tersebut. Begitu pula dengan dukungan untuk mempersiapkan event besar PON 2024, dimana Sumut sebagai tuan rumahnya.

Ahmad Syauki selaku Competitor Relation Officer menyampaikan bahwa IMI Sumatera Utara Rally Championship seri kedua dan ketiga akan berlangsung selama dua hari yakni 17 dan 18 November 2018. Ada 42 starter yang akan berkomtisi dari seluruh Indonesia untuk dua seri kejuaraan nasional di Sumut. Turut hadir dalam IMI Sumatera Utara Rally Championship tersebut Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Mulyana, Ketua DPRD Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, Sekretaris IMI Pengprov Sumut Elwin Siregar, seluruh tim dari 42 starter dari seluruh Indonesia.**

BACA JUGA  Wagubsu Ajak Parpol Jaga Kondusifitas