MEDAN – Provinsi Sumut terpilih menjadi tuan rumah Kongres Nasional III Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) yang akan digelar di Hotel Aryaduta, (26-28/1). Kegiatan ini akan dihadiri sebanyak dua ribu dokter umum dari seluruh Indonesia dan direncanakan akan dibuka langsung oleh Menteri Koordinasi bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani.

Hal ini disampaikan Ketua Umum PDUI Sumut sekaligus Ketua Panitia Kongres Nasional III PDUI, dr Dedi Irawan Nasution, saat beraudiensi dengan Wagubsu, Dr Nurhajizah Marpaung di kantor Gubsu, Rabu (24/1). Turut hadir dalam audiensi tersebut, Wakil Ketua PDUI Sumut, dr Evan Doni, Sekretaris PDUI Sumut, dr Irvan Fadli Hasibuan dan Sekretaris Panitia Kongres Nasional III PDUI, dr Holik Tama.

Wagubsu, Nurhajizah Marpaung menyambut baik kegiatan Kongres Nasional tersebut, dan berterima kasih karena Sumut telah dipilih menjadi tuan rumah. “Terima kasih Sumut menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan kongres nasional ini,” kata Nurhajizah.

Dalam kesempatan itu, Nurhajizah juga mengharapkan PDUI dapat berperan untuk ikut membantu meningkatkan kesehatan masyarakat di Sumut. “Kami juga mau minta tolong ini, karena tingkat kesehatan Sumut masih rendah. Bisa kita lihat di Tanjung Balai, pencemaran penyakit sangat banyak, apalagi dengan perilaku hidup yang tidak bersih. Kita harapkan dokter dari PDUI mau turun untuk membantu meningkatkan kesehatan masyarakat kita,” papar Nurhajizah.

Nurhajizah juga menyebutkan dirinya siap untuk menghadiri pembukaan Kongres Nasional III PDUI yang akan digelar Sabtu (27/1), selain itu Pemprovsu juga siap untuk menghadirkan dokter umum sebagai peserta kongres dan akan menjamu sebanyak 100 orang dokter umum dari berbagai daerah di Indonesia pada acara welcome dinner yang akan digelar Jumat (26/1) malam di Rumah Dinas Gubsu.

Ketua Umum PDUI Sumut sekaligus Ketua Panitia Kongres Nasional III PDUI, dr Dedi Irawan Nasution mengatakan, kegiatan Kongres Nasional PDUI ini bertujuan untuk memilih Ketua Umum PDUI. Oleh karena itu, pihaknya mengharapkan Gubsu atau Wagubsu dapat hadir sebagai tuan rumah pemerintah daerah.

Selain itu, dr Dedi juga mengharapkan dukungan Pemprovsu untuk mengirimkan dokter umum sebagai peserta. Kegiatan tersebut kata dia, akan dibuka oleh Menteri Koordinasi bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani pada Sabtu (27/1), selanjutnya Minggu (28/1) akan digelar bakti sosial pemberian 200 vaksin difteri kepada masyarakat.

“Kami mendapatkan bantuan alokasi anggaran untuk pemberian 200 vaksin difteri, bantuan ini nantinya akan kami serahkan dalam kegiatan bakti social pada hari Sabtu. Kami juga mengharapkan Pemprovsu dapat menampilkan booth kebudayaan dari Sumut, sehingga dokter-dokter yang hadir dari berbagai daerah nantinya dapat mengetahui lebih luas tentang budaya dan pariwisata Sumut,” papar dr Dedi. ()