Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Hj. Evi Diana Erry Nuradi dan Tim Supervisi Provsu mengunjungi Kabupaten Asahan, Senin (23/4)

ASAHAN – Ketua Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Ny. Hj. Evi Diana Erry mengingatkan lagi tujuan penting kehadiran gerakan PKK sebagai agen penggerak dan pembangunan masyarakat, khususnya di tingkat akar rumput (grass root).

Hal ini disampaikannya saat melakukan supervisi ke Kabupaten Asahan, Senin (23/4), di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan. “Sejatinya, kehadiran kita di tengah masyarakat adalah untuk menjadi mitra pemerintah dalam mendukung program pembangunan, khususnya terkait masalah kesejahteraan keluarga. Saya harap kita tidak terjebak pada pengadaan program-program semata, tetapi juga harus perhatikan dampak program yang kita buat di tengah masyarakat,” ujar Evi Diana.

Evi Diana menjelaskan, supervisi merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan TP PKK Provsu dengan mengunjungi TP PKK di 33 kabupaten/kota se-Sumut. Tujuannya, untuk mengetahui berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan TP PKK kabupaten/KOTA dalam membina kecamatan dan desa/kelurahan tentang 10 program pokok PKK yang didukung dinas/OPD terkait.

“Dalam pelaksanaan supervisi atau pembinaan ini, kita melakukannya dengan sistem rentang kendali. Maksudnya, TP PKK Provsu membina TP PKK kabupaten/kota 3 kali dalam setahun. Kemudian TP PKK kabupaten/kota membina TP PKK kecamatan 5 kali dalam setahun. Sedangkan TP PKK kecamatan membina TP PKK desa 9 kali dalam setahun, dan TP PKK Lingkungan 12 kali dalam setahun,” jelasnya.

Untuk kegiatan pembinaan, kata Evi Diana, dititikberatkan pada 10 lomba yang masuk dalam lingkup Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBRGM), Hari Kesatuan Gerak (HKG), KB Kes, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Pos Yandu, Lingkungan Bersih Sehat (LBS), dan Program Terpadu Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (PT P2W KSS).

“Sasaran langsung kegiatan supervisi kita ini adalah bidang kelembagaan, administrasi, kordinasi, penataan fisik desa, dan hasil yang dicapai sebelum dibina, pada saat dibina, dan setelah dibina,” katanya.

Wakil Bupati Kabupaten Asahan H Surya mengapresiasi terlaksananya kegiatan supervisi dan mengucapkan terima kasih kepada Ketua TP PKK Provsu. “Kami Pemerintah Kabupaten Asahan merasa berbesar hati karena dalam supervisi yang dilaksanakan oleh tim penggerak PKK Provinsi langsung dihadiri oleh Ibu Evi, kami ucapkan terima kasih,” ucap Surya.

Surya juga menyampaikan bahwa semua kegiatan dan operasional pembinaan PKK merupakan salah satu program Pemerintah Kabupaten Asahan yang dikolaborasikan dengan OPD terkait.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Hj Winda Fitrika Taufan Gama Simatupang memaparkan bahwa TP PKK Kabupaten Asahan telah membahas tentang pelaksanaan lomba-lomba PKK sesuai dengan 5 kategori dan 4 kategori.

“Setelah kami melaksanakan Rapat Kerja Daerah (RAKERDA), juga Rakat Konsultasi dengan OPD, kami segera menindaklanjuti pelaksanaan lomba-lomba dengan memfasilitasi sesuai kategori lomba masing-masing untuk diunggulkan menjadi Desa Unggulan Lomba mewakili Kabupaten Asahan,” kata Winda.

Dilanjutkan Winda, OPD yang bersangkutan sudah melaksanakan koordinasi dan pembinaan kepada desa-desa yang terpilih mewakili Kabupaten Asahan untuk disupervisi oleh TP PKK  Provinsi.

“Terkait pembuatan laporan expose, OPD terkait merupakan teamwork yang kompak dan kordinasi langsung kepada Kecamatan dan Desa dalam hal penyiapan laporan/ekspos mulai dari Desa, Kecamatan, dan Kabupaten,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan supervisi TP PKK tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Ir H Aspan Sopian MM, Mewakili Dinas Kesehatan Provsu Yunita, Mewakili Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Suryani, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Asahan, Camat se-Kabupaten Asahan, Ibu Ketua TP PKK Kecamatan  se- Kabupaten Asahan beserta anggota, Kepala Desa se- Kabupaten Asahan beserta perangkat desa.**