Sekdaprovsu menghadiri Millenial Road Safety Festival
Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu), R. Sabrina menghadiri acara Millenial Road Safety Festival yang diselenggarakan oleh Kepolisian Daerah Sumut di Lapangan Benteng, Jalan Pengadilan, Medan, Minggu (3/3/2019). Peserta kegiatan ini diperkirakan puluhan ribu orang pejalan kaki dan 7500 pengendara sepeda. (Foto : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu / Imam Syahputra)

MEDAN – Untuk menekan tingginya angka kecelakaan di jalan raya, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) Sabrina mengimbau seluruh masyarakat, khususnya generasi milenial untuk tertib berlalu lintas.

Hal ini diungkapkan Sabrina saat menghadiri acara Milenial Road Safety Festival yang diselenggarakan Polda Sumut di Lapangan Benteng Jalan Pengadilan Medan, Minggu (3/3). “Tentunya saya berharap masyarakat Sumatera Utara khususnya generasi milenial bisa lebih tertib berlalu lintas, ini menyangkut keselamatan diri sendiri,” katanya.

Diketahui, jumlah kecelakaan lalu lintas di Sumut tahun 2018 menurut data yang dirilis ada 5.686 kasus, naik 0,8 persen dari tahun 2017 yang berjumlah 5.636 kecelakaan. Namun, untuk korban meninggal dunia mengalami penurunan, pada tahun 2017 sebanyak 2.135 jiwa dan tahun 2018 berjumlah 1.916 korban jiwa.

Total korban kecelakaan lalu lintas di Sumut pada tahun 2018, baik yang luka ringan, luka berat dan meninggal dunia ada 155.938 orang. Sedangkan pada tahun 2017 sebanyak 169.711 orang.

“Karena itu, acara seperti ini tentunya dapat mengingatkan kita kembali akan pentingnya tertib berlalu lintas, apalagi tingkat kecelakaan di Indonesia, termasuk Sumut sangat tinggi,” jelas Sabrina.

Hal senada disampaikan Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, yang juga hadir pada acara tersebut. Dikatakannya, generasi milenial bisa menjadi pelopor dalam mengampanyekan keselamatan berlalu lintas.

“Tingkat kecelakaan lalu lintas di Sumut masih cukup tinggi, saya tentu berharap generasi milenial bisa menjadi contoh di jalan raya. Ini demi keselamatan diri kita sendiri, karena begitu banyak korban kecelakaan lalu lintas yang kehilangan nyawa,” ujarnya.

BACA JUGA  Pemprov Sumut Harapkan Kerja Sama Bisnis dengan India Semakin Meningkat

Acara Milenial Road Safety Festival berlangsung sangat meriah. Diperkirakan puluhan ribu dari Kota Medan dan sekitarnya, memadati kawasan Lapangan Benteng. Termasuk para peserta dan pengendara sepeda yang berjumlah 7.500 orang.

Milenial Safety Road kali ini juga dihadiri Kasdam I/Bukit Barisan Brigjen TNI Hassanuddin, Walikota Medan Dzulmi Eldin, Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman dan OPD Pemprov Sumut.

Acara juga dimeriahkan dengan aksi pawai dan jalan santai mengitari Lapangan Benteng Medan yang diikuti Aparatus Sipil Negara (ASN), siswa Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) dan berbagai unsur masyarakat. Juga ada penyerahan beasiswa serta santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas.**