HONGARIA Usai membuka pameran wisata Indonesia di Budapest, Hongaria, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Dr. Ir. HT. Erry Nuradi MSi melakukan pertemuan antara Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dengan Pemerintah Bekes County di The County Hall of Pest County Council di Budapest, Hongaria, Kamis (1/3/2018).

Pertemuan tersebut dalam rangka pembahasan tindak lanjut kerjasama Pemprovsu dengan Pemerintah Bekes County, Hongaria yang telah di tandatangani pada tanggal 6 Desember 2017 lalu di Medan, Provinsi Sumatera Utara.

Turut hadir perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Budapest, Yusdalina Lubis, Terfy Andras dan pejabat Indonesia dari Trade Promotion Center (ITPC) Addy Perdana Soemantry. Sedangkan dari Bekes County di hadiri langsung oleh Presiden Bekes County Mr. Mihalay Zalai, di dampingi Mr. Tolnai Peter, Bodi Janos, Ms Erika dan pejabat lainnya.

Gubsu Tengku Erry Nuradi dalam kesempatan itu mengatakan, pembahasan dalam pertemuan ini yakni tindak lanjut MoU yang telah disepakati di Medan beberapa waktu yang lalu.

“Kerjasama-kerjasama yang telah disepakati adalah dibidang kebudayaan dan pariwisata, pertanian dan kehutanan, pendidikan, pemuda dan olahraga, perikanan, teknologi informasi, dan lingkungan hidup, “sebut Erry.

Erry menyebutkan, pertemuan ini telah disepakati kedua belah pihak akan membentuk working group untuk menindak lanjuti bidang kerjasama dimaksud. Selanjutnya working group merumuskan rencana kerja yang akan ditindaklanjuti dalam target tahun 2018 maupun target 2019-2022 sebagai batas waktu kerjasama yang disepakati.

Penyusunan anggota working group ditargetkan telah terbentuk dan akan ditetapkan dengan keputusan bersama pada bulan April atau Mei 2018. Working group akan diisi dari pejabat pemerintahan yang membidangi tugas tertentu sesuai bidang kerjasama dan juga dapat direkrut dari swasta atau profesional.

Diskusi rencana kerja mengerucut kepada hal-hal yang dapat ditindak lanjuti dalam waktu tidak terlalu lama, seperti pertukaran pelajar dan mahasiswa. “Pertukaran pelatihan/magang ASN, demikian juga dari pihak pengusaha yang disampaikan Bapak Tandianus memgusulkan adanya pertukan lokasi shooting film. Atau pertunjukan foto-foto dari Bekes County dan Sumatera Utara, “ucap Erry.

Sementara, dari pihak ITPC mengusulkan pameran produk unggulan Sumatera Utara (Sumut) seperti kopi. Karena sebagian besar masyarakat Hongaria adalah penggemar kopi. “Demikian juga dengan ibu Yusdalina dari KBRI sangat mendukung kegiatan yang diusulkan oleh kedua belah pihak dan prinsipnya bila secara administrasi di perlukan dukungan untuk mewujudkan berbagai rencana kerja ini pihak KBRI akan siap mendukung, “tutur Erry.

Erry meminta kerjasama ini akan segera ditindaklanjuti. “Diharapkan pemerintahan yang akan datang baik di Bekes County maupun di Sumatera Utara bisa melanjutkannya, “ujarnya.