MEDAN – Gubernur Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Dr Ir H Tengku Erry Nuradi memohon dukungan seluruh Ketua KONI di pulau Sumatera agar Provinsi Sumut dan Aceh jadi tuan rumah bersama PON ke XXI setelah Papua.

“Karena memang terakhir Sumut jadi tuan rumah pada tahun 1953. Ini sudah lama sekali, oleh karenanya kami sangat mengharapkan dukungan agar Sumug dan Aceh bisa menjadi tuan rumah bersama PON ke XXI setelah Papua nanti,”ujar Gubsu Erry saat jamuan makan malam para pengurus KONI se Sumatera dan Atlet Sea Games berpretasi asal Sumut di Gubernuran Jalan Sudirman No 41 Medan Sabtu malam (18/11/2017).

Hadir dalam acara tersebut para Ketua dan perwakilan pengurus KONI se Sumatera diantaranya Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, Ketua Harian PB PON XX Papua yang sekaligus Ketua DPRD Papua Yunus Wonda, Ketua KONI Aceh Muzakir Manaf, para Ketua Pengprov Cabang Olahraga, dan para atlet asal Sumut yang sukses meraih mendali pada Sea Games Malaysia 2017.

Dikatakan Gubsu, saat ini Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terus berbenah khususnya dalam penyediaan sarana prasarana olahraga. Saat ini lanjut Erry telah di bangun Sport Center di Jalan Pancing dengan sejumlah fasilitas diantaranya Boling, Stadion mini, gelanggang olahraga dengan kapasitas 10 ribu orang, lapangan futsal, Lapangan Volly, Basket, anggar dan cabang-cabang olah raga lainnya.

Guna menggalakan semangat kompetisi olahraga prestasi, Pemerintah Provinsi setiap bulannya menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) bagi cabang-cabang olahraga yang aktif memperebutkan Piala Gubernur.

“Saat ini Pemerintah Provinsi saat serius dalam hal pengembangan bidang olahraga. Sarana dan prasarananya kita bagun, dan event atau kejuaraan minimal dua Kejurda kita gelar setiap bulannya. Tidak hanya itu kepada atlet Sumut yang berprestasi ditingkat nasional dan internasional juga kita berikan bonus,”ujar Gubsu.

Terkait pemberian bonus sebagai wujud penghargaan kepada para atlet yang mengharumkan nama Sumut pada tahun 2016 pihaknya telah menyerahkan sekitar Rp 21 miliar kepada atlet peraih mendali pada ajang PON, Paralimpic maupun POPNAS 2016. Dan malam ini lanjut Erry, Pemerintah Provinsi Sumut juga memberikan tambahan bonus kepada para atlet peraih mendali pada Sea Games XXIX di Malaysia baru-baru ini.

“Malam ini juga diberikan tali asih berupa tambahan bonus kepada atlet Sea Games yang meraih mendali. Sebenarnya mereka mewakili nama Indonesia dan bonusnya sudah diberi pemerintah pusat. Tapi karena mereka atlet dari Sumut, kita tetap berikan tambahan bonus. Karena ini merupakan hal yang membanggakan kita dimana atlet asal Sumut sukses menyumbangkan empat emas, empat perak, dan enam mendali perunggu untuk Indonesia,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Harian Koni Sumut John Ismadi Lubis mengatakan bahwa telah dilakukan Rapat Koordinasi KONI Provinsi Se Sumatera Tahun 2017 dan telah melahirkan kesepakatan kalau seluruh Provinsi di Sumatera mendukung Sumut dan Aceh jadi tuan rumah PON setelah Papua. Bahkan John pun meyakini kalau sampai saat ini dukungan Provinsi lain untuk Sumut dan Aceh menjadi tuan rumah PON mencapai 80 persen.

Dalam Rakor yang digelar di Hotel Polonia Medan tersebut lanjut Johm juga menghasilkan kesepakatan dan dukungan atas pelaksanaan PON ke XX di Papua dengan segala kekurangan yang ada.

“10 Provinsi di Sumatera telah sepakat Sumut dan Aceh jadi tuan rumah PON setelah Papua. Kita juga mendukung pelaksanaan PON Papua dengan segala sesuatu kekurangan yang ada. Ini akan kita daftarkan 29 November ini ke Jakarta. Mohon doa dukungannya agar keinginan kita bersama menjadi tuan rumah PON dapat tercapai,” ujarnya.