TENTANG KAMI

Publikasi Akurat Terpercaya dan Nyata

ALHAMDULILLAH, puji syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa. Semoga nikmat yang sama masih akan selalu diberikan-Nya pada masa-masa mendatang.

Keprotokolan Sekretariat Daerah Provinsi Sumut awal tahun 2017 ini, setelah biro ini “bubar” atau istilah manisnya bergabung fungsi di bawah kendali Badan Informasi dan Komunikasi Provinsi Sumut sejak pemberlakuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 Tahun 2007 yang lalu, yang kemudian “disisipkan” lagi dalam struktur Biro Umum Sekretariat Daerah Provinsi Sumut.

Meski ada yang mengidiomkan sebagai “barang baru stok lama”, namun kehadiran kembali Biro Humas dan Keprotokolan tahun ini Insya Allah bisa menjadi lebih baik.

Hal ini dimungkinkan akibat saat ini kemajuan teknologi komunikasi dan informatika sudah sedemikian pesat, apalagi dasar pembentukan biro baru ini adalah PP Nomor 18 Tahun 2016 yang dikenal memiliki ciri khas ‘rightsizing’ (tepat fungsi dan tepat ukuran) dengan penekanan pada unsur efisiensi, efektivitas dan kompetitif.

Cukup besar harapan dan optimisme semua pihak terhadap pemberlakuan PP Nomor 18 Tahun 2016 yang merupakan penjabaran Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah ini.

Walaupun pada tahun 2017 ini terjadi beberapa perubahan sebagai implikasi dari terbentuknya susunan organisasi perangkat daerah yang baru itu, namun kami optimis hal ini akan menjadikan Provinsi Sumut lebih maju, sejahtera dan semakin paten.

Selain penataan susunan perangkat daerah, pada paruh awal 2017 ini Provinsi Sumut juga semakin percaya diri berbicara tentang komitmen dalam menyelenggarakan pemerintahan yang baik dan bersih (good governance and clean government).

Hasil evaluasi KPK RI pada tanggal 6 April 2017, dari beberapa provinsi yang menjadi dampingan KPK dalam memperbaiki tata kelola pemerintahan, pemerintah Provinsi Sumatera Utara adalah yang ‘terbaik’ dalam tindak lanjut rencana aksinya.

Kami berharap informasi dan sajian ini dapat bermanfaat bagi kita semua, khususnya dalam menyikapi terbentuknya susunan perangkat daerah yang baru dan beberapa informasi lainnya.

Ucapan terima kasih yang tak terhingga kami sampaikan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi, terutama kepada para wartawan media massa yang bertugas di Pemerintah Provinsi Sumut.

Redaksi menyadari masih banyak terdapat kekurangan di sana-sini, untuk itu saran dari semua pihak kami nantikan untuk perbaikan. Tak lupa kami mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan yang masih ada.

Akhirnya seluruh Tim Redaksi mengucapkan Selamat Pemberlakuan Perangkat Daerah baru Provinsi Sumut semoga susunan perangkat daerah yang baru akan membawa suasana baru yang lebih segar dan diikuti semangat yang baru dalam diri seluruh aparatur di Provinsi Sumut untuk meningkatkan profesionalisme dalam mengemban amanah dari bangsa dan negara serta dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cepat, mudah, murah, jujur.

Hormat Kami,


Kabiro Humas & Keprotokolan Setdaprovsu
Ilyas S Sitorus, SE, MPd