MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak seluruh anggota DPD RI asal Sumut untuk bersama-sama membangun daerah ini. Karena masih banyak persoalan yang ada di Sumut yang belum terselesaikan. Padahal, banyak sumber daya alam, namun belum dimanfaatkan secara maksimal.

Hal itu disampaikan Gubernur Edy ketika menerima anggota DPD RI asal pemilihan Sumut, Senin (22/10) di Rumah Dinas Gubernur Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan. Anggota DPD RI yang hadir adalah Darmayanti Lubis, Dedi Iskandar Batubara dan Parlindungan Purba.

Gubernur Edy yang didampingi Wakil Gubernur (Wagub) Musa Rajekshah dan Kepala Bappeda Irman, mengungungkapkan, ketika dirinya meninjau korban banjir bandang di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), masih melihat banyak masyarakat miskin di daerah itu. Padahal, Madina merupakan salah satu daerah yang sangat subur. “Sangat miris rasanya, di Madina masih ada rakyat yang kesehariannya hanya memakan 3 potong keladi, padahal Madina itu tanahnya subur,” ungkap Edy.

Edy juga menyampaikan, bahwa kebanyakan yang menjadi korban bencana banjir bandang adalah masyarakat yang tinggal di lembah. Di lokasi yang seharusnya tidak layak untuk dihuni masyarakat. “Banyak persoalan yang ada di Sumatera Utara ini. Untuk menyelesaikannya kami meminta dukungan dari para anggota DPD RI sebagai wakil masyarakat Sumatera Utara di pusat. Kita harus bekerjasama untuk mewujudkan Sumatera Utara yang bermartabat dan demi kesejahteraan masyarakat di daerah ini,” ajak Edy.

Untuk itu pula, Edy dalam kesempatan itu meminta agar ada pertemuan rutin antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, pemerintah kabupaten/kota, DPR RI dan DPD RI, serta masyarakat guna membahas persoalah-persoalan yang ada di Sumut. “Bila memungkinkan kita mengadakan pertemuan tiga bulan sekali. Di sana kita masing-masing membawa persoalan-persoalan yang akan kita cari penyelesaiannya,” harap Edy.

Edy bersama Wagub Musa Rajekshah menyakini, bahwa kolaborasi antara Pemda, baik itu Pemprov maupun Pemkab/Pemko, bersama DPR, DPD dan masyarakat, sangat diperlukan untuk mewujudkan Sumatera Utara yang bermartabat dan rakyat sejahtera. “Menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, mimpi kami adalah untuk membangun dan untuk kesejahteraan masyarakat Sumatera Utara. Jika kita semua satu misi. Kami yakin ini akan terwujud,” katanya.

Sementara itu, Anggota DPD RI Parlindungan Purba mengatakan, bahwa kunjungan tersebut adalah untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan Gubernur dan Wagub Sumut yang terpilih dan telah dilantik.

Dalam pertemuan itu, kata Parlindungan, juga terungkap keinginan yang sama untuk saling mendukung dalam membangun Provinsi Sumut. “DPD RI, DPR RI, Pemda dan masyarakat merupakan satu kesatuan untuk membangun Sumatera Utara yang bermartabat dan yang lebih baik,” ujar Parlindungan.

Parlindungan juga sependapat dengan Gubernur Edy Rahmayadi tentang permasalahan yang cukup banyak di daerah ini yang belum terselesaikan. Seperti persoalan listrik di Nias, serta berbagai persoalan lainnya. Namun dengan kesamaan visi dan misi dari DPD RI dan Pemda, pada tahun 2019 telah diprogramkan bahwa listrik akan masuk hingga ke desa-desa. “Kami juga menyambut baik usupan pertemuan tiga bulan sekali dengan semua pihak untuk penyelesaian masalah-masalah yang ada di Sumut. Dan kami siap mendukung terwujudnya Sumatera Utara Bermartabat dan Rakyat Sejahtera ke depan,” kata Parlindungan.**