MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) H Edy Rahmayadi memimpin pembacaan AlFatihah untuk para korban gempa dan tsunami di Palu Sulawesi Tengah, yang terjadi beberapa waktu lalu. Meskipun tertimpa musibah, kontingen asal wilayah Timur Indonesia itu disebutkan akan berpartisipasi di MTQ Nasional XXVII 2018 di Medan dan Deliserdang.

“Dari Sulteng tetap ada ikut perlombaan (MTQN XXVII 2018). Tadi kita tunggu-tunggu. Itu juga sudah kita kirimkan doa untuk dua orang (kafilah dari Sulteng) yang menjadi korban di sana,” ujar Gubernur usai membuka Parade 1.000 Hafizh di komplek Kampus UIN Sumut, Jalan Sutomo Medan, Kamis (4/10).

Selain itu, rencana kedatangan kontingen asal Sulawesi Tengah (Sulteng) pun menurut Edy adalah satu hal yang patut diapresiasi. Di tengah musibah besar (nasional) itu, Provinsi tersebut tetap mengirimkan peserta untuk berlomba dan memeriahkan event yang akan diikuti 34 provinsi tersebut.

“Kalau bantuan ada, sudah kami rencanakan sementara ini adalah 2.000 ton beras, kain sarung, selimut, handuk dan lainnya. Nanti kita cek lagi,” sebutnya, setelah memimpin pembacaan ALfatihah untuk para korban gempa dan tsunami.

Pun begitu, Edy tetap optimis Sumut selaku tuan rumah juga bisa meraih juara umum. Karenanya ia meminta doa dan dukungan dari seluruh rakyat di Sumut, untuk meraih cita-cita sebagai provinsi yang bermartabat. **