Penjabat (PJ) Gubernur Sumatera Utara, Drs. Eko Subowo, MBA bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melepas pawai obor dalam Upacara Taptu Peringatan HUT Republik Indonesia ke 73 yang dilaksanakan di depan Kantor Gubsu, Jl. Diponegoro No. 30, Kamis (16/8) (foto : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu).

MEDAN – Penjabat Gubernur Sumatera Utara (Pj Gubsu) Drs Eko Subowo MBA mengajak masyarakat Sumatera Utara (Sumut) untuk mengobarkan semangat kemerdekaan dengan mengisinya lewat kegiatan-kegiatan yang positif.

“Malam ini, kita melaksanakan Upacara Taptu dan pawai obor menuju makam pahlawan. Maknanya adalah untuk mengenang perjuangan para pahlawan kita dahulu yang telah bersusah payah berjuang merebut kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk menghargai perjuangan tersebut, marilah kita isi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya,” ujar Pj Gubsu Eko Subowo usai Pelaksanaan Upacara Taptu dan Pawai Obor menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia  di depan Kantor Gubernur Sumut Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan, Kamis malam (16/8).

Selanjutnya, di Makam Pahlawan, kata Eko, akan dilaksanakan renungan suci untuk mendoakan arwah para pahlawan pejuang kemerdekaan. Renungan ini untuk menghayati dan menghormati perjuangan para pendahulu.

Eko yang juga didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu) Dr Ir Hj Sabrina MSi berharap, khususnya generasi muda bisa memetik hikmah dari upacara ini. Seperti obor yang dinyalakan pada Upacara Taptu, Eko berpesan agar generasi muda menyalakan semangat kemerdekaan dengan hal-hal positif dan prestasi yang mengharumkan nama bangsa dan daerah.

“Khususnya untuk generasi muda Sumut, isi kemerdekaan ini dengan sebaik-baiknya  sesuai dengan profesi dan keahlian kalian masing-masing,” pesannya.

Sebelum melakukan pawai, rombongan pawai obor terlebih dahulu mengikuti upacara Taptu di depan kantor Gubsu. Kemudian dilanjutkan ke makam pahlawan dengan rute Jalan Imam Bonjol – Jalan H Juanda – Jalan SM Raja.

Upacara Taptu diawali dengan penyalaan obor secara simbolis oleh Inspektur Upacara Irjen Pol Paulus Waterpauw. Usai penyalaan obor, Paulus melepas ratusan peserta obor yang terdiri dari Pelajar, Pramuka, TNI, Polri, serta Aparatur Sipil Negara (ASN) dari sejumlah instansi di jajaran Pemerintah Provinsi Sumut.

Selanjutnya, tepat pukul 24.00 WIB peserta pawai mengikuti apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Bukit Barisan. Turut hadir dalam Upacara Taptu tersebut OPD Pemprovsu, unsur Forkompida, dan masyarakat umum.**