DAIRI – Kebersamaan masyarakat yang majemuk menjadi poin penting yang disampaikan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hj Nurhajizah Marpaung usai melantik / mengukuhkan Panitia Penyelenggara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-36 tingkat Provinsi tahun 2017, di Gedung Balai Budaya Kabupaten Dairi, Rabu (18/10). Kesempatan menjadi tuan rumah menurutnya merupakan peluang sekaligus tantangan yang harus dijawab dengan kerja keras.

“Satu pekerjaan besar, tentu tidak mudah jika dikerjakan sendiri, tetapi tidak ada ya nggak susah kalau dikerjakan bersama. Begitu juga dengan persiapan MTQ, bagaimana semua saling membantu, termasuk juga dari agama lain (non muslim), begitu juga nanti sebaliknya. Karena seperti inilah yang kita kehendaki untuk Indonesia yang majemuk,” ujar Wagub.

Wagub juga mengingatkan agar persiapan pelaksanaan MTQ ke-36 Sumut 2017 ini dilakukan dengan baik, benar, cepat dan tepat. Bagaimana program kerja, terutama penyediaan sarana dan prasarana yang diperlukan pada kegiatan ini nantinya, bisa dijawab dengan kerja keras agar hasilnya bisa positif dan memuaskan.

“Semua kita ajak bekerjasama mensukseskan MTQ ke-36 Sumut di Dairi nantinya. Kita tahu dengan penetapan ini merupakan peluang sekaligus tantangan yang harus membawa dampak positif, meningkatkan kualitas qori qoriah Sumut,” katanya.

Selain mensukseskan perhelatan akbar ini, Wagub juga meminta agar menghasilkan qori qoriah, hafiz hafizah terbaik yang akan diikutsertakan pada MTQ Nasional ke-37/2018, di mana Sumatera Utara bertindak sebagai tuan rumah.

“Lembaran sejarah kita, Sumut punya masa gemilang, menghasilkan qori qoriah, hafiz hafizah tingkat nasional bahkan juara tingkat internasional. Belakangan ini ada penurunan prestasi. Karena itu kita harus berusaha untuk mengembalikan Sumatera Utara sebagai gudangnya qori qoriah, hafiz hafizah terbaik di Indonesia bahkan Internasional,” jelasnya.

Sementara Wakil Bupati Dairi Irwansyah Pasi mengatakan pihaknya terus mempersiapkan segala keperluan pelaksanaan MTQ ke-36 tingkat provinsi yang diadakan di daerahnya. Selain itu, dirinya meyakini perhelatan akbar yang akan diikuti 33 kabupaten/kota se-Sumut pada 18 November mendatang akan siap digelar.

“Kita perkirakan selambatnya dua Minggu mendatang ini sudah rampung,” sebutnya.

Usai pengukuhan tersebut, Wagub pun meninjau persiapan lokasi pelaksanaan MTQ ke-36 Provinsi Sumatera Utara yang berada di kawasan Kecamatan Sidikalang, Dairi. Dalam tinjauan itu, Nurhajizah juga berpesan agar Pemkab Dairi membuat rencana pengelolaan fasilitas setelah MTQ selesai. (*)