Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah membuka secara resmi Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) XVI Tingkat Sumut di Lapangan Merdeka, Jalan Sutomo, Kota Tebingtinggi, Selasa malam (9/4/2019). Biro Humas & Keprotokolan Setdaprovsu / Fahmi Aulia

TEBINGTINGGI – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah membuka secara resmi Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) XVI Tingkat Sumut di Lapangan Merdeka, Jalan Sutomo, Kota Tebingtinggi, Selasa malam (9/4).

Dalam sambutannya, Wagub menyampaikan permohonan maaf dan salam dari Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang tidak bisa hadir. Namun, katanya, ada hadiah tambahan dari Gubernur berupa paket umroh untuk juara satu.

“Sebelum saya berdiri di depan ini, Bapak Edy Rahmayadi menelpon saya, menyampaikan bahwa ada hadiah tambahan untuk juara satu tilawah kategori dewasa putra dan putri, akan diberikan masing masing satu paket umroh,” ucap Wagub.

Wagub mengajak seluruh masyarakat untuk mencintai Al-Quran, membumikan A-Qur’an dan bangga mempunyai anak-anak hafiz/hafizah, karena investasi terbaik adalah anak soleh dan soleha.

Selain itu, kata Wagub, dengan diadakanya STQH ke XVI ini diharapkan mampu menghasilkan duta-duta terbaik yang akan mewakili Sumut untuk mengikuti STQ Nasional tahun 2019 di Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Disampaikan juga, bahwa dalam rangka tindak lanjut Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XXVII tahun 2018, sudah dideklarasikan berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran dan Hadist sebagai kenangan monumental hasil MTQ Nasional tahun lalu.

Rencananya STQH akan dilaksanakan selama enam hari, mulai dari tanggal 9 – 14 April 2019. Total pesertanya mencapai 422 orang yang akan mengikuti empat kategori cabang, yakni Tilawah Quran, Hifzil Quran, Tafsir Hadits dan Hafalan Hadits.

BACA JUGA  Hari Pertama Sekolah, Wagub Ajak Siswa Tidak Takut Bermimpi

Walikota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih karena daerahnya sudah dipercaya menjadi tuan rumah STQH XVI. “Ini semua barokah buat kami, semoga dengan STQH ini kami mendapat cucuran nikmat dari Allah SWT, tilawatil quran yang dibacakan peserta akan membawa kesejukan untuk Tebingtinggi, menjadi pemersatu dan memperkuat ukhuwah, oleh karena itu kami berharap MTQ tingkat Sumut tahun depan kami kembali bisa diberikan kepercayaan menjadi tuan rumah,” ujar Walikota.

Pada tanggal 8 April telah dilakukan malam ta’aruf yang dihadiri kafilah dan paginya, Selasa (9/4) dilakukan pawai ta’aruf yang dihadiri para peserta dan masyarakat yang menunjukan betapa besarnya kecintaan warga Tebingtinggi terhadap STQH kali ini.

Kepada seluruh kafilah, Walikota mengucapkan selamat datang di Tebingtinggi. “Selamat bertanding, mudah mudahan apa yang dilaksakan dan diniatkan ini diberikan keberkahan, bila belum menang, terus berusaha sebab keberhasilan itu hanya persoalan waktu saja, jadikan lah STQH ini sebagai ajang pemersatu bangsa, jangan terpecah pecah, dan kepada dewan hakim, terima kasih telah berjerih payah mensukseskan kegiatan ini,” ucap Umar.

Pemukulan bedug oleh Wagub Sumut Musa Rajekshah bersama Walikota Tebingtinggi Umar Zunaidi, Wakil Walikota Tebingtinggi Oki Doni Siregar, Wakil Walikota Tanjung Balai Ismail, Wakil Bupati Serdang Bedagai Darma Wijaya, Wakil Bupati Batubara Oky Iqbal Frima dan Ketua LPTQ Sumut Fuad Helmi Lubis, menandakan STQH ke XVI resmi dibuka.**

BACA JUGA  Gubsu dan Wagubsu Jenguk Bayi Kembar Siam di RSUPH Adam Malik Operasi Pemisahan Diharapkan Berjalan Lancar