MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah MHum mengapresiasi pelaksanaan even Green International Xtreme Adventure (GIXA) 2018 yang mengambil rute di sekitar lokasi wisata Danau Toba. Diharapkan, even ini dapat mendongkrak kunjungan wisatawan ke Sumut.

“Even ini sangat baik, karena tempat dan rutenya di daerah wisata Sumatera Utara yaitu Danau Toba. Ini membantu Pemprov Sumut untuk promosikan daerah wisata di daerah ini,” ujar Musa Rajekshah ketika menerima audiensi panitia GIXA 2018, Kamis (20/9) di ruang kerjanya, lantai 9 Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan.

Selain itu, even ini juga diharapkan menambah jumlah wisatawan yang datang ke Sumut, khususnya Danau Toba. “Pesertanya 50 yang berasal dari 7 provinsi se Indonesia dan juga ada yang dari luar negeri. Otomatis menambah jumlah kunjungan wisata ke Provinsi Sumatera Utara,” kata Musa Rajekshah.

Wagub Musa Rajekshah mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, satu visi misinya adalah  bagaimana membangkitkan ekonomi masyarakat. Diantaranya membangun ekonomi masyarakat melaui sektor pariwisata.

Karenanya, kepada instansi Pemprov Sumut, khususnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, Musa Rajekshah meminta agar even-even seperti ini dimanfaatkan untuk mempromosikan daerah-daerah wisata yang ada di Provinsi Sumatera Utara.

“Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara khususnya agar bersinergi dengan komunitas-komunitas seperti ini,” ujarnya, sembari berharap even ini juga dirangkai dengan kegiatan-kegiatan sosial, seperti membantu sekolah-sekolah yang ada di daerah sekitar even diselenggarakan.

BACA JUGA  Dharma Wanita Berperan Memajukan Keluarga dan Kaum Perempuan

Ketua Panitia GIXA 2018 Prihatin Kasiman mengatakan bahwa Gixa 2018 merupakan yang kelima kalinya digelar di kawasan Danau Toba. “Ini setiap tahun diadakan, start di Balige dan finish di Ajibata,” ujar Prihatin.

Kegiatan ini, lanjutnya, berlangsung selama 8 hari, yakni 13-20 Oktober 2018. “Walaupun rutenya kurang lebih 40 kilometer, namun medannya cukup berat. Pilihan lokasi tahun ini kita gelar di hutan-hutan pegunungan Bukit Barisan di sekitar Danau Toba,” kata Prihatin.

Peserta berasal dari 7 provinsi di Indonesia dan ada kemungkinan akan ada peserta yang mendaftar dari luar negeri, seperti pengalaman even-even tahun sebelumnya. “Peserta dibatasi 50 peserta walaupun peminatnya sangat banyak sekali,” ujar Prihatin.

Panitia Gixa 2018, kata Prihatin, mengapresiasi sambutan dari Wakil Gubernur Sumut  Musa Rajekshah, yang dengan sangat terbuka dan mendukung kegiatan ini. “Mudah-mudahan dengan kegiatan ini Pemprov Sumut dengan komunitas seperti ini dapat bersinerji dan menyatukan program untuk membangun Provinsi Sumatera Utara yang kita cintai ini,” katanya.

Turut hadir Kadispora Provsu Baharuddin Siagian, Kadiskominfo Provsu Mhd Fitriyus, Kepala Balitbang Provsu Effendy Pohan, mewakili Kadis Budpar Provsu Kabid Bina Objek Usaha Pariwisata Maike Moganai Ritonga, Ketua KONI Sumut John Lubis, Ketua International Off-Road Federation (IOF) Sumut Riza Bastaman Matondang, beserta pengurus, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut serta unsur panitia pelaksana GIXA 2018.**

BACA JUGA  Berhasil Raih Lima Besar Penelitian di NASA, Wagubsu Bangga Prestasi Pelajar Sumut