MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara DR Hj Nurhajizah SH, MHum meminta Stikes Murni Teguh bisa menampung para siswa tamatan dari daerah terpencil untuk dapat belajar dan menimba ilmu. Tujuannya untuk pemerataan kualitas SDM di Sumut sekaligus meningkatkan SDM di daerah-daerah yang terpencil.

Hal itu dikatakannya saat menerima audiensi Ketua Stikes Murni Teguh Seriga Banjarnahor S.Kep bersama para pengurus lainnya, Selasa (5/9) di ruang kerjanya Kantor Gubernur Medan. Wagub Sumut menyarankan agar Stikes Murni Teguh sebagai lembaga pendidikan bidang kesehatan Wagubsu bisa memprioritaskan siswa tamatan dari daerah terpencil seperti Nias, Pakpak Barat, Dairi juga daerah terpencil lainnya.

“Dengan membantu siswa dan siswi di daerah terpencil seperti itu diharapkan bisa mengabdi di daerah masing-masing,” ujarnya.

Selain itu dia mengapresiasi Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Murni Teguh yang bersedia memberi beasiswa kepada mahasiswa berpestasi tidak mampu secara ekonomi. Pada kesempatan itu Wagubsu juga meminta agar Setikes Murni Teguh terus membenahi dan meningkatkan kualitas pendidikannya mengingat Sumut membutuhkan tenaga kesehatan handal.

“Dari Stikes Murni Teguh diharapkan akan lahir tenaga medis yang terampil, handal dan professional. Karenanya saya berharap kualitas pendidikan di Stikes Murni Teguh terus dipacu dan ditingkatkan,” ujar Nurhajizah.

Selain itu Wagubsu juga memberi masukan agar rumah sakit Murni Teguh juga melengkapi alat-alat kesehatan misalnya ridiologi dan alat canggih lainnya seperti menyedot aliran darah untuk otak salah satu alat pencegah serangan struk

“Dengan dilengkapi alat-alat canggih didukung dengan tenaga medis yang handal ,saya yakni warga Medan tidak lagi berobat ke luar negeri,” ujar Wagubsu Nurhajizah yang saat itu didampingi Kabid SDK Dinkes Sumut Sri Suriani.

Sementara itu kepada Wagubsu Seriga Banjarnahor memaparkan tentang STIKes Murni Teguh. “Merujuk pada tujuan pendidikan nasional, kami focus pada 3 (tiga) pilar yaitu pemerataan dan perluasan akses, relevansi dan daya saing serta peningkatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan public,” katanya.

Keberhasilan tujuan STIKes Murni Teguh ini akan tercermin dari Akreditasi Institusi di kemudian hari dengan hasil yang sangat baik dan dapat dipertanggungjawabkan.

Ditambahkannya, kompetensi lulusan Stikes Murni Teguh menghasilkan tenaga kesehatan yang professional. “Hal ini akan menjadikan lulusan STIKes Murni Teguh yang kompetitif di dunia kerja baik pada tingkat lokal, regional dan pada tingkat nasional,” katanya.

Selain itu, katanya, Stikes Murni Teguh menyediakan beasiswa bagi yang berprestasi mendapat sertifikat keahlian sesuai peminatan setelah lulus. Disamping itu, peluang kerja di Murni Teguh Memorial Hospital Medan dan cabang lain.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.