Wagubsu Brigjen (Purn) Dr. Hj. Nurhajizah Marpaung SH MH didampingi Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Provsu Hidayati, menutup kegiatan jelajah wisata budaya Sumatera Utara di Istana Maimun Jalan Brigjend Katamso Medan, Sabtu (18/3/2018). Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari sejak 15-17 Maret 2018 di Samosir dan Medan ini diikuti sekira 100 peserta dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam Assosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Sumut 

Medan – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Brigjen (Purn) Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH mengapresiasi Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia Dewan Pengurus Daerah Sumatera Utara (ASPPI DPD Sumut) mengadakan event akbar “Jelajah Wisata Budaya Sumatera Utara”.

Dikatakan Wagubsu Nurhajizah, even seperti ini sangat baik dalam rangka mempromosikan daerah tujuan wisata yang ada di Sumatera Utara. “Terima kasih kepada ASPPI Sumut yang telah menyelenggarakan acara ini adalah salah satu bagaimana mengangkat destnasi yang ada di Sumatera Utara,” ujar Nurhajizah saat menghadiri Farewell Dinner sekaligus Penutupan Jelajah Wisata Budaya Sumatera Utara oleh ASPPI Sumut, Sabtu Malam (17/3) di Istana Maimun Medan.

Hadir pada kesempatan itu Ketua Umum ASPPI Djohari Somad, Head Marketing MNC Travel Diana, Ketua DPW ASPPI Sumut Mercy Panggabean, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Provsu Dr Ir Hidayati, Ketua Yayasan Mahmud Al Rasyid Tengku Mahmud Al Rasyid dan para peserta jelajah wisata budaya Sumut ASPPI  beserta ASPPI dari provinsi lain dan mancanegara seperti dari Bangladesh dan Malaysia.

Di Sumut disampaikan Wagubsu Nurhajizah, banyak lagi destinasi-distinasi wisata. Kalau selama 4 hari ini Tim Jelajah Wisata Budaya Sumatera Utara ke Samosir dan Medan. “Kedepan, saya akan mengajak pelaku pariwisata seperti ASPPI Sumut untuk melihat-lihat deatinasi yang ada di Sumut seperti Nias,” sebut Nurhajizah.

Terkait tema jelajah wisata budaya yang dilaksanakan ASPPI sumut, Wagubsu menyebutkan Provinsi Sumut memiliki banyak wisata budaya. Dicontohkannya etnis Batak, ada kurang lebih delapan etnis batak yang masing-masing memiliki budaya. Sama dengan halnya etnis Melayu. Bukan hanya Istana Maimun yang merupakan budaya Melayu. Masih banyak lagi istana-istana Melayu lainnya seperti kesultanan Asahan dan lain sebagainya. Oleh karenya sebagai seorang Wagubsu dan orang Sumut mengajak para Kepala OPD khususnya OPD dilingkungan Pemprovsu bersama-sama mengangkat kembali budaya-budaya yang ada di Sumut yang telah lama terpendam.

“Kalau ada kemauan kita pasti bisa. Tinggal bagaimana kita berkoordinasi antara pemerintah dan para pelaku wisata yang ada di Sumut untuk mengangkat wisata budaya kita khususnya wisata budaya yang ada di Sumut,” kata Wagubsu.

Budaya dan Pariwisata lanjut Nurhajizah harus dilakukan bersama-sama oleh semua pihak dan tidak terlepas dari promosi-promosi agar potensi pariwisata yang ada dapat diketahui banyak orang. Oleh karenanya Pemprovsu juga sangat mengapresiasi MNC Travel yang mendukung perhelatan akbar Jelajah Wisata Budaya Sumatera Utara. Diharapkan, akan muncul banyak lagi yang seperti group MNC ini dalam rangka mempromosikan potensi budaya Sumut.

“Even seperti ini jangan hanya sekali disiarkan, sering-sering. Supaya saudara-saudara kita di provinsi lain bahkan di mancanegara pun tertarik untuk berkunjung menyaksikan destinasi wisata Sumut yang indah ini,” harap Wagubsu Nurhajizah.

Ketua Umum ASPPI Djohari Somad pada kesempatan itu mengatakan sangat mengapresiasi ASPPI Sumut yang begitu gigih dan pantang menyerah melaksanakan even Jelajah Wisata Budaya Sumatera Utara yang menurut dia event seperti ini tidaklah pekerjaan yang mudah. Dia juga mengatakan program DPD ASPPI Sumut ini juga sukses terlaksana karena dukungan dari pemerintah, khususnya Wagubsu dan Dinas Budpar Provsu. Ketua DPD ASPPI begitu bersemangat, begitu juga dengan Wagubsu dan Kadis Budparnya. Sehingga even ini berjalan dengan baik dan sukses. “Even yang diselenggarakan ASPPI Sumut kali ini yang paling gemerlap,” ujar Djohari.

Ketua DPD ASPPI Sumut Mercy Panggabean pada kesempatan itu mengatakan Jelajah Wisata Budaya Sumatera dilakukan dalam rangka mempromosikan daerah tujuan wisata yang ada di Sumut. “Jelajah Wisata Budaya Sumatera Utara” berlangsung selama empat hari dimulai tanggal 15 s/d 17 Maret 2018 dengan lokasi kegiatan di Medan, Serdang Bedagai dan Samosir,” ujarnya.

Ini juga merupakan kewajiban dari setiap DPD untuk melaksanakan suatu even yang mengangkat daerah tersebut setelah melakukan even ini. Memang benar, Sumut ini memiliki banyak budaya yang cukup menarik untuk dipertontonkon hingga ke mancanegara. Oleh karenanya atas nama ASPPI Sumut dirinya mengajak pemerintah dan seluruh pelaku pariwisata lainnya untuk terus bersinergi dalam rangka mengangkat wisata budaya yang ada di Sumut. “Dengan demikian target 1 juta wisatawan di Sumut akan tercapai,” ujar Mercy.

Acara tersebut diisi dengan tarian-tarian Melayu oleh pemuda-pemudi dibawah asuhan Dinas Budpar Provsu dan Kota Medan.