MEDAN – Salah satu elemen penting untuk meningkatkan daya saing di sektor konstruksi, serta dapat menjaga eksistensi untuk memenangkan persaingan usaha yang semakin ketat, adalah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) konstruksi.

Hal itu diungkapkan Wagubsu, Dr Nurhajizah Marpaung dalam acara penutupan Musyawarah Daerah (Musda) XIV serta pelantikan pengurus Badan Pimpinan Daerah (BPD) Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (BPD-Gapensi) Provinsi Sumut periode 2017-2022, di Grand Ballroom Hotel JW Marriot, Selasa (21/11).

Turut hadir dalam kesempatan itu Ketua Umum BPP Gapensi, H Iskandar Z Hartawi, Sekjen BPP Gapensi H Andi Rukman N. Karumpa, Ketua Umum BPD Gapensi Sumut, TM Pardede, Sekretaris Umum BPD Gapensi Sumut, Surung Panjaitan dan BPC Gapensi kabupaten/kota di Sumut.

“SDM konstruksi merupakan factor kunci untuk mendukung terwujudnya reformasi ekonomi. Oleh karena itulah saya mengharapkan mari kita ciptakan SDM konstruksi yang berkualitas dan mampu bersaing dalam kompetisi global,” kata Nurhajizah.

Lebih lanjut dikatakan Nurhajizah, permasalahan daya saing dalam pasar dunia konstruksi saat ini semakin terbuka. Tentunya hal ini menjadi tantangan yang tidak ringan. Tanpa dibekali kemampuan dan keunggulan daya saing yang tinggi, maka produk dari suatu daerah tidak akan mampu menembus pasar nasional, terlebih pasar internasional.

Oleh karena itulah, lanjut Wagubsu, para kontraktor tenaga konstruksi harus jeli untuk melihat peluang dan meningkatkan daya saing, sebab ketidaksiapan kita dalam menghadapi era globalisasi akan menyebabkan pelaku usaha di satu negara atau daerah, hanya akan menjadi penonton dan pasar bagi negara lain. “Tentu saya yakin Gapensi kita harapkan tidak seperti ini, biarlah orang lain yang menonton tapi kita pemainnya,” terang Nurhajizah.

Dikatakan Nurhajizah, jasa konstruksi di Sumut akan berkembang pesat jika pemerintah dan dunia usaha khususnya penyedia jasa konstruksi saling bahu membahu sesuai dengan koridor tata kelola organisasi yang baik, transparan dan mematuhi aturan dan ketentuan hukum yang berlaku.”Saya berharap Musda ini dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk membentuk kepengurusan yang lebih solid dan mampu merumuskan program kerja yang memperhatikan kondisi, permasalahan dan arah pengembangan jasa konstruksi,” ujar Nurhajizah.

Ketua Umum DPD Gapensi Sumut terpilih, TM Pardede mengapresiasi kehadiran Wagubsu dalam penutupan Musda XIV Gapensi Sumut dan mengucapkan terima kasih atas sumbang saran yang telah diberikan.

“Kami berjanji akan membawa Gapensi ini menjadi lebih baik lagi. Kami juga berharap dukungan dari semua pihak, sebab tanpa dukungan kami juga tidak bisa berdaya. Mari sama-sama kita bangun Gapensi bersama,” kata TM Pardede.

Ketua Umum DPP Gapensi, Iskandar Z Hartawi juga mengapresiasi Musda Gapensi di Sumut berjalan dengan baik. Dikatakannya, dari 34 provinsi yang telah menggelar musda, baru kali ini pembukaan Musda dihadiri oleh Gubsu Tengku Erry Nuradi dan penutupan Musda dilakukan oleh Wagubsu. “Ini sangat luar biasa, semoga keberhasilan Musda di Sumut ini bisa menjadi contoh bagi yang lain,” kata Iskandar.

Dalam kesempatan itu, Iskandar mengatakan Musda telah menghasilkan beberapa pokok pikiran yang harus segera dilaksanakan yakni, terkait tentang pelayanan sertifikasi keanggotaan harus ditingkatkan. Selain itu, persoalan penurunan keanggotaan secara nasional juga perlu disikap secara bersama. “Saya berharap Gapensi Sumut dapat menyiapkan dan melaksanakan apa yang telah diputuskan dalam Musda dan berpedoman pada AD ART Gapensi serta tata laksana organisasi,” pesan Iskandar. ()