Wagubsu dan IPHI Sumut Gagas Objek Wisata Ramah Muslim
Wagubsu menghadiri pertemuan IPHI Sumut untuk Persiapan Pembentukan Panitia Pelantikan Pengurus Baru yang digelar di Hotel Madinah Al- Munawwarah, Asrama Haji Medan, Jumat (15/2) (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu : Tarmizi Harva)

MEDAN– Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah bersama Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sumut berencana akan menggagas objek wisata yang ramah muslim di Sumatera Utara.

Hal itu disampaikan Wagubsu dalam pertemuan IPHI Sumut untuk Persiapan Pembentukan Panitia Pelantikan Pengurus Baru yang digelar di Hotel Madinah Al- Munawwarah, Asrama Haji Medan, Jumat (15/2).

Dijelaskan Wagubsu yang akrab disapa Ijeck ini, objek wisata yang ramah muslim itu nantinya akan dimulai dari tempat makanan yang dilengkapi dengan label halal hingga tempat ibadah yang memadai.

Diharapkannya hal ini akan membuat para wisatawan baik dari dalam maupun dari luar negeri khususnya yang beragama Islam akan lebih nyaman, terutama jika mengunjungi daerah di Sumut yang minoritas muslim.

Begitu juga dengan pusat perbelanjaan modren seperti swalayan dan hotel, ke depan haruslah dilengkapi dengan tempat ibadah yang mudah dijangkau dan representatif. Sebab selama ini masih banyak pusat perbelanjaan modern yang menyediakan tempat ibadah namun bergabung dengan lokasi parkir, lokasinya jauh dan terkadang ruangannya terlalu sempit.

“Di Jakarta seperti kita ketahui memiliki pusat pembelanjaan yang lengkap dengan tempat ibadah yang baik, begitu juga dengan tempat makanan yang lengkap dengan sertifikat halalnya. Sehingga umat muslim bisa nyaman dan tenang berkunjung dan menikmati makanan,”jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Ijeck juga mengharapkan agar IPHI dapat menjadi sebuah ikatan dengan persaudaraan yang kuat dan produktif sehingga mudah untuk menjalankan semua agenda kegiatan. Dia juga berpesan kepada seluruh anggota dan pengurus IPHI Sumut untuk ikut serta mensukseskan Pemilu 2019 yang akan digelar pada 17 April mendatang.

BACA JUGA  Sail Nias Tahun 2019 Resmi Diluncurkan, Wagub Sumut : Nias Akan Segera Bangkit

“Di pesta Pemilu yang jatuh pada 17 April 2019 kita akan memilih Presiden dan calon legislatif, maka mari kita memilih sesuai dengan pilihan kita tanpa ada paksaan dan pengaruh dari mana pun,”imbaunya.

Sementara Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara yang juga pengurus IPHI Sumut, H. Iwan Zulhami menjelaskan bahwa kekeluargaan dari IPHI Sumut ke depan harus ditingkatkan. Dikatakannya IPHI Sumut akan menjadi pembina bagi calon haji dan hajjah yang akan berangkat ke tanah suci.

Hadir pada acara tersebut Asisten Administrasi Umum dan Aset Setda Provsu, Zonny Waldi, Ketua MUI kota Medan, Muhammad Hatta beserta para pengurus IPHI Sumut lainnya. (*)