Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Musa Rajekshah menghadiri sekaligus menutup Diklat Kaderisasi Satuan Pelajar & Mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila (PP) Sumut di Asrama Haji Medan, Minggu (9/12/2018). Wagubsu juga memaparkan seminarnya yang berjudul "Enterprunership dan Idealisme Pemuda". (Foto : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu / Imam Syahputra)

MEDAN – Menutup kegiatan Kaderisasi Satuan Pelajar dan Mahasiswa (Sapma) Pemuda Pancasila (PP) Sumatera Utara (Sumut) 2018, Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu) Musa Rajekshah mengharapkan para generasi muda untuk menggali potensi. Karena itu jiwa entrepreneurship dan idealisme harus berjalan selaras.

“Sumatera Utara memiliki potensi besar untuk generasi muda yang bisa berkreasi, inovatif dan berkarya. Dengan itu semua, Sumut akan menjadi provinsi bermartabat tidak dalam waktu yang lama lagi,” ujar Wagubsu dalam kegiatan Kaderisasi Sapma PP Sumut di Asrama Haji Medan, Minggu (9/12).

Sebelum menutup kegiatan, Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck ini juga memberikan materi kaderisasi berupa pentingnya jiwa kewirausahaan atau entrepreneurship yang sejalan dengan kuatnya idealisme para kader pemuda, khususnya Sapma PP. Sehingga potensi masyarakat sebanyak 3,855 juta jiwa (usia 16-30 tahun) yang tergolong sebagai pemuda, mampu memberikan sumbangsih bagi pembangunan di Sumut.

“Yang pasti Sapma PP ini adalah generasi yang disebut usia produksi. Mereka ini lah pemuda itu. Kita berharap ke depan, generasi bangsa khususnya di Sumut, siap menghadapi era digital dan dunia usaha, menjadi pemimpin serta mengawal NKRI,” sebut Wagubsu yang didampingi Kadispora Sumut Baharuddin Siagian..

Karena itu dirinya meyakini, semangat yang sama oleh pemuda, idealisme serta kebanggaan menjadi bagian dari Bangsa Indonesia, akan bisa membawa nama besar Negara ini bermartabat. Untuk itu Wagub menekankan agar pemuda saling bahu membahu untuk membesarkan Indonesia, khususnya Sumut.

BACA JUGA  Juara Indonesian Fun Science Award ke Jerman, Wagub Sumut: Jangan Nanti Diambil Negara Asing

“Dalam kaderisasi ini, banyak materi disampaikan. Yang pasti ini untuk kebaikan para pemuda, membangkitkan semangat kekompakan, kebersamaan dan kekeluargaan. Semoga ini menjadi hal yang positif baik bagi organisasi secara internal maupun pribadi masing-masing kader itu sendiri,” sebutnya.

Sementara Ketua Sapma PP Sumut M Rahmaddian Shah menyampaikan bahwa kaderisasi ini diharapkan dapat melahirkan kader-kader militan Pemuda Pancasila di masa mendatang. Terutama bagi pemuda yang akan siap memimpin, baik di organisasi ini ataupun berkiprah di tempat lain.

“Kaderisasi ini akan menjadi program kita setiap setahun sekali. Karena itu kita berterimakasih kepada Wakil Gubernur yang sudah hadir, di sela kesibukannya. Begitu juga dukungan dan bantuan pelaksananya kegiatan ini,” katanya.

Selain itu, Rahmaddian Shah juga mengapresiasi dan berterimakasih atas dukungan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut melalui pembinaan pemuda. Sehingga kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar. **