MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Dr Hj Nurhajizah Marpaung mengharapkan, Diklat Pim III dapat menjadi sarana bagi pegawai negeri sipil (PNS) untuk membawa perubahan terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) PNS dan pelayanan kepada masyarakat. Sejalan dengan era perubahan yang dinamis saat ini.

Khususnya bagi PNS yang menduduki jabatan Administrator (Pejabat Eselon III) yang bertanggungjawab memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan pelayanan publik, serta administrasi pemerintahan dan pembangunan.

“Transformasi kualitas SDM dalam lingkup PNS pada terwujudnya sosok aparatur pemerintah yang memiliki jati diri, komitmen, integritas dan kompetensi yang tinggi dalam melakasanakan tugas pelayanan kepada masyarakat,” ujar Wagubsu Nurhajizah Marpaung ketika membuka diklat kepemimpinan tingkat III angkatan XV tahun 2018, Rabu (21/3) di aula Cemara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPDSM) Provsu, Jalan Ngalengko Medan.

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provsu Ir Bonar Sirait MSi, para Widyaiswara, para pejabat fungsional BPSDM Provsu, para pejabat struktural, Staf Ahli Pemerintahan Kabupaten Serdang Bedagai Nasrul Aziz, mewakili Kepala BKD Deliserdang Sunardi SSos, Kepala BKD Deliserdang Dingin Saragih SiP, mewakili Kepala BKD Pematang Siantar Morina SH dan para peserta Diklat Pim Tk III angkatan XV.

Dikatakan Wagubsu, selain untuk peningkatan kinerja aparatur dalam rangka pelayanan publik, Diklat ini juga dilatarbelakangi semakin menguatnya tuntutan masyarakat terhadap ketersediaan pelayanan yang prima, efisien dan terjangkau. Karenanya PNS sebagai pelaku utama pelayanan wajib mengaktualisasikan kinerja pelayanan publik secara optimal. “Setelah Diklat Pim ini diharapkan apa yang didapat segera diaktualisasikan di lingkungan kerja dan kepada masyarakat,” sebut Nurhajizah.

Karena lanjut Nurhajizah, seorang pejabat itu memang diamanahkan untuk melayani masyarakat, memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yaitu pelayanan prima. “Prima pelayannya dan juga prima yang dilayani,” kata Nurhajizah.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provsu Ir Bonar Sirait MSi pada kesempatan itu melaporkan, para peserta yang mengikuti Diklat Pim Tingkat III Angkatan XV ini berjumlah 40 orang yang berasal dari Pejabat Eselon III Kota Binjai sebanyak 2 orang, Kabupaten Deliserdang 10 orang, Serdang Bedagai 10 orang, Batubara sebanyak 4 orang, Tanjungbalai 3 orang dan balai jalan nasional Medan sebanyak 1 orang.

“Diklat Pim III ini dilaksanakan mulai tanggal 20 Maret hingga 6 Juni 2018. Diharapkan para peserta memanfaatkan waktu yang diberikan untuk benar-benar megikuti materi yang diajarkan,” ujarnya.