Wakil Gubernur Dr. Hj. Nurhajizah Marpaung, SH, MH menghadiri Wisuda Sarjana Angkatan VI Universitas Al Wasliyah Labuhan Batu di halaman kampus niversitas Al Wasliyah Labuhan batu, Senin (14/5/2018)

LABUHAN BATU – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH mengharapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhan Batu untuk lebih peduli kepada pendidikan. Sehingga para generasi muda tidak menganggur dan segera mendapatkan pekerjaan.

“Kepada Bupati, jangan biarkan wisudawan dan wisudawati Universitas Al Washliyah Labuhan Batu terlalu lama menganggur,” ujar Wagubsu Nurhajizah saat menghadiri Wisuda Sarjana Angkatan VI Universitas Al Washliyah (Univa) Labuhan Batu, Senin (14/5) di Kampus Univa Rantauprapat, Kabupaten Labuhan Batu.

Dikatakan Wagubsu, jika terlalu lama menganggur, para generasi muda dapat terjerumus pada penyakit masyarakat, seperti narkoba. “Ke sana ke mari mencari kerja tidak dapat, akhirnya mereka bisa terjerumus ke narkoba,” ujarnya.

Karenanya, pemerintah daerah bersama dengan para pengusaha yang ada di Labuhan Batu dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi para sarjana yang telah lulus. “Ini juga akan menurunkan rangking 2 narkoba Sumut,” ujarnya.

Kepada para wisudawan, Nurhajizah berpesan agar tidak berhenti untuk terus mengejar pendidikan, karena pendidikan adalah kunci kesuksesan. “Jangan berhenti hanya pada tingkat S1 (Sarjana), raih terus S2 bahkan Doktor (S3),” ucap Nurhajizah, seraya mengharapkan agar para sarjana juga harus kreatif dan bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

Sementara itu, Rektor Univa Labuhan Batu Basyarul Ulya SH MM mengatakan bahwa proyeksi Univa kedepan dapat memberikan kontribusi bagi daerah Labuhan Batu. Karenanya, Univa berusaha menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat, dengan adanya pusat industri Labuhan Batu yang dipelopori Univa Labuhan Batu. “Alumninya juga harus bisa menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat, agar masyarakat Labuhan Batu lebih sejahtera,” ujarnya.

Bupati Labuhan Batu Pangonal Harahap menegaskan, Pemkab Labuhan Batu akan terus mendorong dan mendukung Univa Labuhan Batu agar menjadi universitas idaman di masyarakat. “Karena Universitas Al Washliyah Labuhan Batu juga merupakan ikon Kabupaten Labuhan Batu,” katanya.

Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut-Aceh Dian Armanto berpesan kepada wisudawan dan wisudawati di zaman revolusi industri, internet dan teknologi yang terus berkembang, harus mengetahui beberapa hal, yaitu literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia, karena ini adalah kunci sukses di masa depan. “Ketiga literasi ini harus dikuasai,” ujarnya, seraya mengingatkan untuk berbakti kepada orangtua, karena orang tua adalah segala-galanya.

Sekjen PB Al Jam’iyatul Washliyah Masyhuril Khamis mengharapkan agar cita-cita dari Rektor dapat segera terealisasi. “Sehingga Univa Labuhan Batu menjadi universitas yang dicari para calon mahasiswa,” katanya.

Dia juga berharap, dukungan dari Pemkab Labuhan Batu. “Insya Allah Univa dapat meningkatkan kualitas SDM yang dapat membantu Pemkab Labuhan Batu,” sebutnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Anggota DPD RI Dedi Iskandar Batubara, Pengurus PB Al Washliyah dan Pengurus PW Al Washliyah Sumut, Forkopimda Labuhan Batu, para kepala OPD Pemkab Labuhan Batu, pimpinan organisasi keagamaan dan pemuda Labuhan Batu, serta sesepuh, pendiri Alwashliyah Labuhan Batu dan tokoh masyarakat.**