MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH, MHum ingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk harus profesional dan disiplin, hal itu disampaikannya pada saat melepas Diklat Prajabatan Honorer melalui jalur khusus K1, dan K2 Golongan I,II dan III gelombang III (angkatan 7,8 dan 9), Sabtu (9/12) di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provsu Jalan Ngalengko Medan.

Hadir pada acara tersebut Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Provsu Ir Bonar Sirait MSi, Tenaga Pengajar (Widyaswara) Solistis serta 121 peserta diklat.

Di kesempatam itu Wagubsu menegaskan bahwa untuk kemajuan Sumut, semua unsur masyarakat khususnya ASN harus profesional dalam pekerjaan juga dibarengi dengan disiplin yang tinggi. Tujuannya agar Sumut lebih maju lagi dari sekarang.

“Kita harus memiliki jiwa yang profesional dan disiplin yang tinggi hingga dari pekerjaan nantinya bisa bermanfaat untuk masyarakat banyak,” ujarnya.

Untuk itulah kata Wagubsu lagi peningkatan kapasitas SDM aparatur dilatarbelakangi tuntutan terhadap repormaso sistem pegawai.

Bahwa keberhasilan dalam menyikapi dan melaksanakan tanggungjawab dan melaksanakan tanggung jawab hanya dapat terwujud jika para pelakunya memiliki profesionalisme yang trampil secara teknis dan berkemampuan.

Oleh karena itu jelas Wagubsu lagi diklat ini bertujuan untuk merubah pola pikir yang telah menetap dalam diri CPNS yang berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda.

“Saya berharap setelah mengikuti diklat ilmu yang diperoleh dapat dioperasionalkan dengan sebaik-baiknya kepada masyarakat, jangan hanya berjanji pada saat pengambilan sumpah jabatan tapi dilapangan tidak ditepati,” ujarnya.

Sementara Kepala BPSDM Provsu Bonar Sirait mengatakan peserta diklat ini merupakan para bidan dan tenaga medis dari dua kabupaten yakni Padang Lawas dan Nias Barat.

“Peserta diklat honorer ini sudah mengabdi 5 hingga 10 tahun di daerah tersebut , dengan kesabaran akhirnya mereka diangkat menjadi CPNS dan setelah lulus mengikuti diklat prajabatan barulah diangkat menjadi ASN dan kelak bertugas didaerah masing-masing,” paparnya.