MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Brigjen Purn Hj Nurhajizah Marpaung SH MH memotivasivasi para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk terus menggali potensi diri dengan tetap mengedepankan tanggungjawab terhadap pekerjaan. Hal ini dikatakan Wagubsu saat membuka Penguatan Kapasitas Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara di Hotel Four Point Medan Sabtu (09/12/2017). Hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah Kepala SKPD Provsu diantaranya Kasatpol PP Dr Asren Nasution, Kabiro Binsos dan Kemasyarakatan M Yusuf, Kepala Balitbang Effendy Pohan dan para pejabat struktural eselon III.

Dikatakan Wagubsu, sebagai pejabat tinggi pratama dituntut memiliki kemampuan manajerial tugas-tugas yang terkait perencanaan, koordinasi, alokasi sumber daya anggaran serta memonitor implementasi kegiatan. Selain kompetensi manajerial, pejabat-pejabat pimpinan tinggi juga dituntut memiliki kompetensi kepemimpinan untuk menggerakan sumber daya organisasi secara efektif, efisisen dan akuntabel. Oleh karenanya Wagubsu menilai kegiatan penguatan kapasitas yang digelar hari ini diharapkan dapat membentuk ASN yang professional yaitu ASN yang berkarakternya dibentuk oleh nilai-nilai sehingga mampu menjalankan tugas dan perannya secara professional sebagai pelayan masyarakat.

“Melalui kegiatan ini saya berharap peserta juga dapat memperoleh pemahaman tentang tugas dan peranan sebagai agen pembaharuan yang memiliki cara berpikir, bersikap dan bertindak secara benar dan juga tepat serta dapat mewujudkan kepercayaan masyarakat,”harap Wagubsu.

Lebih lanjut dikatakan Wagubsu, pengembangan SDM adalah proses sepanjang hayat yang meliputi berbagai bidang kehidupan, terutama dilakukan melalui pendidikan. Jika dpandang dari sudut ekonomi, peningfkatan kualitas SDM lebih ditekankan pada penguasaan pengetahuan, keterampilan dan teknologi yang dibutuhkan oleh dunia kerja dalam upaya peningkatan efisiensi dan efektivitas serta produktifitas dalam pencapaian tujuan organisasi.

“Saya yakin dengan bekal motivasi dan komitmen dan kemampuan yang ada saudara mampu membawa perubahan positif di lingkungan kerja masing-masing demi terwujudnya kinerja organisasi yang lebih baik,”pungkasnya.

Sementara itu Kepala Badan Pembinaan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumut Bonar Sirait mengatakan kegiatan Penguatan Kapasitas bersama tim Emotional Spritual Quotient (ESQ) dilaksanakan hingga Minggu (10/12/2017). Kegiatan ini lanjut Bonar bertujuan agar ASN sebagai birokrat pengayom masyarakat dapat meningkatkan fungsinya dalam hal pelaksanaan kebijakan public, pelayanan public dan sebagai perekat bangsa. Melalui ESQ Bonar berharap ASN dapat membentuk jati diri yang kuat dalam hal menghadapi tugas dan tanggungjawab serta tantangan yang begitu berat kedepan.

“Saya pikir kegiatan ini sangat tepat. Karena sebagai pelaksana pembangunan kedepan kita akan menghadapi tugas dan tantangan yang bgitu yang berat. Tentu kita harus kuat dan siap dengan intergritas yang tinggi, kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, loyalitas dan memiliki kempuan etos kerja yang tinggi,  yang didukung dengan kebersamaan dan kegotongroyongan. Ini  tentu menjadi suatu hal yang sangat penting agar Sumut kedepn semakin baik dan paten tentunya,”ujar Bonar Sirait.