Wakil Gubernur Sumatera Utara Nuurhajizah Marpaung didampingi Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Aspan Sofyan menerima audiensi Yayassa Pemberdayaan Potensi Masyarakat Desa Sumatera Utara di Ruang Kerja Wagubsu, Selasa 14/11

MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara Nurhajizah Marpaung meminta daerah benar-benar memastikan agar penggunaan dana desa benar-benar untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa. “Keberhasilan berawal dari Desa, jika desa berhasil, maka Provinsi Sumatera Utara ini akan berhasil dan Indonesia secara umum juga akan berhasil ,” kata Nurhajizah.

Hal itu disampaikan Wagubsu saat menerima Ketua Pengurus Yayasan Pemberdayaan Potensi Masyarakat Desa (YPPMD) Sumatera Utara Drs Henri Fauza, MPd di Ruang Kerja Wagubsu Lt IX Kantor Gubsu (14/11).

Kehadiran TPPMD dalam rangka silaturrahmi dan menyampaikan program kerja tentang Pelatihan Karakter Building Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat di Kawasan Danau Toba dan Pelatihan Pemdes membangun desa partisipatif se Sumut .

Terkait itu, Wagubsu menyambut baik kegiatan yang akan dilaksanakan oleh YPPMD. Wagubsu mengatakan bahwa penggunaan dana desa langsung ditangani oleh kabupaten sementara Pemerintah Provinsi hanya memfasilitasi.

Pada Audensi tersebut Wagubsu didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Utara Aspan Sofian , Kepala Dinas Pemberdayaan dan Desa Kota Medan Eddy Anto dan Mewakili Kepala Biro Pemerintahan Setdaprovsu Parlin.

Sebelumnya Pembina Yayasan Henry Fauzi mengatakan bahwa program Yayasan merupakan penyaluran Dana Desa agar semua desa tersentuh dana desa termasuk infrastruktur yang khusus pemberdayaan masyarakat desa seperti Pendidikan dan Posyandu.

Selain itu katanya diperlukan Badan Usaha Desa untuk menampung produk dan kerajinan masyarakat desa.

Ditambahkannya agar ‘Sorga’ atau Sarana Olah Raga Desa agar diaktifkan guna menciptakan silaturrahmi dan juga desa diharapkan membuat profil desa serta kerjasama antar desa.