MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Dr. Hj. Nurhajizah Marpaung SH, MH menerima kunjungan audiensi pengurus Ma’had Abu Ubaidah bin Al Jarrah di ruang kerjanya Kantor Gubsu Lt 9, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Rabu (24/1).

Dalam kunjungannya, Direktur Ma’had Abu Ubaidah bin Al Jarrah, H. Fajar Hasan Mursyid LC, MA dihadapan Wagubsu menjelaskan bahwa ini merupakan lembaga pendidikan bahasa arab dan studi Islam. “Kedatangan kami, dalam rangka silahturahmi dan melaporkan rencana kegiatan training intensif da’i dan imam masjid di kabupaten/kota,” ujar Fajar.

Dijelaskan terlebih dahulu bahwa Lembaga Ma’had Abu Ubaidah bin Al Jarrah merupakan lembaga pendidikan Bahasa Arab dan Studi Islam yang didirikan atas program kerjasama Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan Asia Muslim Charity Foundation (AMCF).

“Kami laporkan bahwa saat ini lembaga kami sedang melakukan kegiatan yakni pelatihan imam dan khatib di Kabupaten/Kota se-Sumut dimana setiap pelatihan dilaksanakan selama 5 hari serta memberikan paket buku untuk mengembangkan ilmunya,” ujarnya.

Oleh karenanya, pihaknya berharap Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dapat memberikan dukungan agar Pemkab/Pemko dapat menerima kegiatan pelatihan imam dan khatib se-Sumut, dengan tujuan pembelajaran dan peningkatan mutu imam dan khatib.

Dalam kesempatan ini, Wagubsu Nurhajizah, sangat mendukung kegiatan yang dilakukan Lembaga Pendidikan Ma’had Abu Ubaidah bin Al Jarrah. Menurutnya kegiatan yang dilakukan tersebut sangat baik dan dibutuhkan masyarakat.

“Kegiatan ini sangat baik karena dilakukan di seluruh Kabupaten/Kota se-Sumut, disamping itu kita juga harus mensejahterakan imam dan khatib dengan bantuan peningkatan pembelajaran bahasa arab dan penambahan wawasan, “ujar Wagubsu.

Disamping itu Wakil Gubsu juga mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai peningkatan hubungan silahturahmi sesama imam dan khatib dalam satu Kabupaten/Kota, dengan pembelajaran ajaran agama yang dipunyainya.

“Melalui kegiatan ini juga dapat terjalin silahturahim antara sesama imam dan khatib se Sumut sehingga bisa saling berbagi pengalaman dan membangun jejaring,” ujarnya.