MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Dr Hj Nurhajizah Marpaung SH MH mengapresiasi bakat seni dan vocal putra dan putri asal Sumatera Utara (Sumut). Apalagi banyak putra dan putri asal Sumut yang berhasil di tingkat nasional, khususnya sebagai penyanyi.

“Tak diragukan lagi kalau Sumut gudang penyanyi berbakat dan tak sedikit yang sukses menjuarai beberapa even tingkat nasional dan belum lama ini gadis asal Sumut juga menjuarai Indonesia Idol yakni Maria Simorangkir,” ujar Wagubsu Nurhajizah Marpaung di acara Grand Final Danau Toba Idol 2018, Rabu malam (25/4) di Crystal Room Hotel Karibia Medan .

Karena itu, kata Wagubsu, Danau Toba Idol diharapkan menjadi acara pencarian bakat, khususnya dalam tarik suara. Juga berfungsi untuk mempertahankan dan mengembangkan budaya Batak, sebagai salah satu budaya lokal yang harus dilestarikan, untuk menangkal infiltrasi dampak budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya leluhur bangsa Indonesia.

“Bernyanyi adalah budaya lokal yang bila kita lalai akan terjadi pengaburan budaya lokal, akibatnya dapat membuat generasi muda kita di masa mendatang tidak lagi mengenal budayanya sendiri,”ujarnya.

Untuk itu, Nurhajizah merasa bangga dengan budaya lokal. Sebagaimana yang disaksikan, kegiatan ini membuka tabir, ternyata begitu besar aset budaya dan lagu batak, dan kegiatan ini disambut cukup hangat oleh warga Sumut.

Sementara itu, Ketua Pembina Toba Lake Art’s Production (Tolab) yang juga artis Batak Jack Marpaung mengatakan, kegiatan Danau Toba Idol ini baru diselenggarakan tahun ini dan diharapkan menjadi even tahunan. “Kebetulan Danau Toba Idol 2018 baru diselenggarakan dan merupakan salah satu rangkaian peringatan paskah yang sebelumnya dimulai dari seminar di gereja,” ujarnya.

Menurutnya peserta yang mengikuti Danau Toba Idol 2018 tidak hanya berasal pelajar, tapi juga mahasiswa yang memiliki vokal luar biasa.

Turut hadir di acara itu, Kadis Pariwisata Provsu Dr Ir Hj Hidayati MSi, Ketua Panitia Tolab Parulian Tampubolon serta sejumlah peserta dan undangan.**