Wagubsu Tinjau RS Haji Medan, Pastikan Peningkatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat
Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah meninjau ke Rumah Sakit Haji Medan, Kamis (21/2).

MEDAN – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah meninjau ke Rumah Sakit Haji Medan, Kamis (21/2). Tujuannya untuk memastikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat berjalan dengan baik dan terus ditingkatkan.

“Ini merupakan misi dari Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan saya sebagai Wakil Gubernur, salah satunya peningkatan pelayanan kesehatan di Provinsi Sumatera Utara,” ujar Wagubsu Musa Rajekshah.

Sesuai dengan arahan Gubernur, kata Wagubsu, dirinya ingin melihat secara langsung apa saja yang perlu diperbaiki, terutama untuk rumah sakit yang berada dibawah Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu). “Mudah-mudahan apa yang menjadi visi dan program Provinsi Sumatera Utara dibawah kepemimpinan Bapak Gubsu Edy Rahmayadi terutama dalam bidang pelayanan kesehatan ke depan bisa dilaksanakan lewat Rumah Sakit Haji Medan,” sebutnya.

Karena itu, Wagubsu mengajak kepada seluruh perangkat organisasi Rumah Sakit Haji agar memiliki keinginan yang sama dengan visi dan misi Gubsu Edy Rahmayadi dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan di daerah ini. “Semua perangkat Rumah Sakit Haji harus punya semangat untuk melayani kesehatan masyarakat Sumut lebih baik ke depan,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Wagubsu yang didampingi Asisten Administrasi Umum dan Aset Setdaprovsu Zonny Waldi, Plt Direktur RS Haji Wahid Khusyairi dan para dokter serta para pengurus RS Haji, mengunjungi hampir semua ruangan dan lokasi di RS milik Pemprovsu tersebut.

BACA JUGA  Silaturahmi Bersama OJK, Wagub Berharap Akses Keuangan di Daerah Meningkat

Wagubsu mengatakan bahwa dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan masih banyak yang perlu dibenahi pada RS Haji milik Pemprovsu tersebut. “Kita ingin, pelayanan kesehatan di Sumatera Utara harus lebih meningkat melalui Rumah Sakit Haji milik Pemprovsu,” sebut Musa Rajekshah.

Plt Direktur RS Haji Medan Wahid Khusyairi mengatakan bahwa saat ini RS Haji saat ini sedang berbenah untuk menjadi rumah sakit rujukan regional unggulan di Provinsi Sumatera Utara. Untuk itu, RS Haji memprogramkan layanan unggulan untuk tahun 2019.

“Seperti layanan Geriatric/Endokrin, Cardiology Centre, Stroke Center, Orthopedic Centre dan Plastic Surgery. Ini merupakan pelayanan unggulan ke depan, sehingga Rumah Sakit Haji ini bisa terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat Sumatera Utara dan sesuai dengan visi dan misi Gubernur Sumatera Utara yaitu Pelayanan Kesehatan Yang Berkualitas,” ujar Wahid.

Wahid juga berharap kepada Pemprovsu untuk memberikan dukungan kepada Rumah Sakit Haji agar dapat menjadi Rumah Sakit Rujukan Unggulan, karena dari segi sarana dan prasarana masih banyak yang perlu dibenahi. Begitu juga ketenagaan dan sumber daya manusianya.

Karenanya untuk mencapai cita-cita bersama tersebut, pihaknya tahun 2019 mengadakan review master plan. “Yang didalamnya akan disusun jenis pelayanan 5 tahun sampai 10 tahun kedepan, akan disusun sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk menyongsong rumah sakit rujukan unggulan, dan juga penyusunan tentang peningkatan sarana dan parasarana Rumah Sakit Haji menjadi rumah sakit unggulan,” sebutnya.**

BACA JUGA  Pemprov Sumut Dukung Pengembangan Sekolah Ramah Anak