Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menerima kunjungan dari Kementerian Pertahanan Provinsi Sumatera Utara bersama Peserta Parade Cinta Tanah Air (PCTA) di ruang kerjanya Kantor Gubernur Sumut lantai 10, Medan, Rabu (12/9). Turut mendampingi Gubernur yaitu, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu), Dr. Ir. Hj. R. Sabrina, M. Si, Kepala Dinas Pendidikan Provsu Dr. Drs. Arsyad M.M dan juga Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat Suriadi Bahar, SH, MH. (Foto : Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu)

MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengajak siswa dan mahasiswa yang akan mewakili daerah ini pada acara Parade Cinta Tanah Air (PCTA) di Bandung untuk mengharumkan nama Sumut. Mereka adalah Axel Beltazar dan Novita Sari Siregar siswa SMAN 1 Medan, Usmanda Sitorus mahasiswa Unimed, dan Satria Lucky Amor Girsang mahasiswa USU.

“Pertama-tama, saya ucapkan selamat karena telah terpilih mewakili Sumut untuk berkompetisi di tingkat nasional. Saya bangga kalau anak muda Sumut berprestasi, selamat berkompetisi, harumkan nama daerah kita dengan prestasi,” ujar Edy Rahmayadi saat menerima peserta PCTA dan perwakilan Kantor Perwakilan Kementerian Pertahanan (Kemhan) Sumut, di ruang kerja Gubernur Lantai 10 Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan, Rabu (12/9).

Di masa lalu, kata Edy, Sumut merupakan salah satu provinsi yang hebat. “Di zaman saya dulu, Sumut itu provinsi yang hebat, nomor tiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Berbeda sekali dengan saat ini, peringkat daya saing Sumut di urutan 24,” tutur Edy.

Edy berharap para peserta dan anak muda Sumut pada umumnya bisa menjadi mitra pemerintah untuk mengembalikan kembali masa-masa kejayaan Sumut seperti dahulu. Tugas untuk membangun Sumut tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah semata, tetapi juga seluruh komponen masyarakat yang ada di Sumut, termasuk pemuda.

“Tumbuhkan kecintaan itu pada daerah kita, dan buktikan rasa cinta itu dengan perbuatan dan tindakan-tindakan yang positif. Seperti yang sudah kalian lakukan saat ini. Sekali lagi, saya ucapkan selamat jalan, lakukan persiapan, mudah-mudahan bisa menang di tingkat nasional dan harumkan nama daerah kita,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Kantor Menhan Sumut Kolonel Inf Azhar Mulyadi SE menyampaikan bahwa PCTA merupakan kompetisi untuk siswa SMA dan mahasiswa yang diinisiasi oleh Kemenhan setiap tahunnya. Kompetisi berupa karya ilmiah berisi ide dan inovasi yang bermanfaat dan diaplikasikan di tengah masyarakat.

“Jadi, mereka ini Pak, sudah lolos seleksi tingkat provinsi. Kita seleksi dari seluruh Sumut. Idenya tentang inovasi pembangkit tenaga listrik di Samosir dan ada juga pembangkit energi dari motor. Acara di Bandung tanggal 17-21 September, nanti kita berkompetisi juga menampilkan seni dan budaya Sumut,” paparnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprov Sumut) Dr Ir Hj Sabrina MSi, Kepala Dinas Pendidikan Sumut Dr Drs Arsyad Lubis MM, Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Provsu Suriadi Bahar SH MH, dan Ketua PCTA Provsu Anita Sari.**