ZIARAH: Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahyamadi bersama rombongan Forkopimda Sumut dan tokoh masyarakat mengadakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Jalan SM Raja Medan, Senin (20/5), dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 tahun 2019. (humaspemprovsumut)

MEDAN – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama rombongan Forkopimda Sumut dan tokoh masyarakat mengadakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Jalan SM Raja Medan, Senin (20/5), dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 tahun 2019.

Gubernur mengatakan, negara yang besar adalah negara yang menghargai para pahlawannya. Untuk itu dalam waktu dekat Taman Makam Pahlawan akan dipugar dan direnovasi sedemikian rupa, untuk menghormati para pahlawan.

“Akan kita pugar dan renovasi. Ini untuk anak cucu kita. Bukan untuk bermewah-mewah di dalam kuburan. Anak cucu kita agar tahu bahwa inilah tempat para pahlawan yang ikut serta memerdekakan Republik Indonesia,” kata Edy Rahmayadi.

Edy Rahmayadi juga mengajak generasi muda untuk terus mengenang dan mendoakan para pahlawan yang terlah berjasa bagi bangsa dan negara ini. “Semoga Allah memberikan rahmat dan menempatkan di sisi-Nya,” ujarnya.

Ketua LVRI Cabang Medan Deli Tukiyono mengharapkan dengan peringatan Harkitnas tahun ini, para generasi muda dapat meneruskan perjuangan para pejuang terdahulu. “Mudah-mudahan generasi muda bisa meneruskan apa yang dicita-citakan para leluhur,” ujarnya.

Turut serta dalam ziarah tersebut Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, Wakapolda Sumut Mardiaz Kusin Dwihananto, Kasdam I/BB Hassanudin, Wakil Kepala Kejati Sumut Yudhi Sutoto, Pangkosekhanudnas III Medan Djohn Amarul, Danlantamal I Belawan Ali Triswanto, Kepala BNN Sumut Atrial, Danlanud Soewondo Dirk Poltje Lengkey, Wakil Walikota Akhyar Nasution, OPD Pemprov Sumut dan Pemko Medan, jajaran TNI/Polri.

BACA JUGA  73 Atlet Diharapkan Mampu Harumkan Nama Sumut di Pomnas XVI

Ziarah diawali dengan upacara penghormatan dan dilanjutkan dengan penaburan bunga ke makam para pahlawan yang dipimpin Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Dimulai dari makam A Rachman Ishaq yang merupakan orang tua dari Gubernur Edy Rahmayadi dilanjutkan ke makam mantan Gubernur Sumut Marahalim Harahap, Rajal Inal Siregar dan para pahlawan lainnya.**