Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi menghadiri Open House Perayaan Natal 2019 yang digelar Kapolda Sumut Martuani Sormin di rumah dinasnya, Jalan Jenderal Sudirman, Medan, Rabu (25/12/2019). (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu : Veri Ardian)
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi menghadiri Open House Perayaan Natal 2019 yang digelar Kapolda Sumut Martuani Sormin di rumah dinasnya, Jalan Jenderal Sudirman, Medan, Rabu (25/12/2019). (Foto Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provsu : Veri Ardian)

MEDAN – Rayakan Natal, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Drs Martuani Sormin MSi bersama keluarga menggelar Open House di rumah dinasnya, di Jalan Jenderal Sudirman, Medan, Rabu (25/12). Gubernur Edy Rahmayadi dan Ketua TP PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi, serta unsur Forkopimda Sumut berkunjung mempererat silaturahmi.

Hadir di antaranya Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut R Sabrina beserta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, Panglima Kodam I/BB MS Fadhilah, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Danlantamal I Belawan Abdul Rasyid, Panglima Kosekhanudnas III Djohn Amarul, Komandan Lanud Soewondo Meka Yudanto, Kajati Sumut Fachruddin Siregar, Wakil Kapolda Sumut Mardiaz Kusin Dwihananto beserta jajaran dan keluarga besar Polda Sumut.

Menyambut kedatangan tamu, Kapolda Martuani Sormin mempersilahkan untuk menikmati hidangan yang telah tersaji. Jajaran Forkopimda tampak saling menyapa dan beramah-tamah. Suasana keakraban menyelimuti ruangan, tambah hangat ketika dihibur dengan nyanyian yang didendangkan oleh penyanyi.

Mengucapkan selamat datang, Martuani mengatakan bahwa perayaan Natal di Sumut berlangsung kondusif, aman, tertib, dan lancar. “Semua ini tentu tidak mungkin hanya karena penggelaran kekuatan TNI-Polri maupun aparat keamanan pemerintah, melainkan juga karena partisipasi aktif dan dukungan masyarakat Sumut,” tuturnya.

Untuk kawasan Danau Toba, kata Martuani, disiapkan petugas di setiap dermaga untuk mengawasi dan memastikan kelancaran mobilitas masyarakat. “Ada petugas untuk mengawasi manifes, memastikan fasilitas keselamatan, kapal tidak boleh over kapasitas, dan lainnya. Cukup kejadian Tiga Ras jadi pelajaran bagi kita,” ucap Martuani.

BACA JUGA  Tekan Penyebaran Covid-19 Nias Akan Punya Lab PCR Sendiri

Selanjutnya, dirinya pun meminta dukungan untuk memberantas narkotika di Sumut. Katanya, ia tidak segan memproses polisi yang juga terlibat. Kemudian, togel juga harus diberantas. “Terima kasih untuk kehadiran Bapak/Ibu, selamat Natal bagi yang merayakan. Walaupun masih baru menjadi Kapolda, tetapi saya merasa silaturahmi dengan Forkopimda Sumut langsung cair. Mudah-mudahan ke depan, kita terus kompak dan bersinergi untuk Sumut,” tutupnya.

Momentum untuk silaturahmi

Gubernur Edy Rahmayadi kemudian menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat merayakan Natal. “Atas nama Pemerintah Provinsi Sumut, saya ucapkan selamat merayakan hari Natal untuk saudara-saudara kami yang merayakan. Kita jadikan momentum ini untuk silaturahmi dan berkumpul bersama keluarga, sanak saudara,” ucap Edy.

Memetik nilai-nilai universal Natal dan menyambut tahun baru 2020, Edy mengajak seluruh jajaran Forkopimda untuk senantiasa memelihara kedamaian dan kerukunan umat beragama di Sumut. Kemudian, memperbaharui semangat menyambut tahun 2020 untuk Sumut yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Usai ramah-tamah dan menyantap hidangan, dilanjutkan dengan foto bersama dan kembali ke kediaman masing-masing.**