Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meresmikan Masjid Al-Yasamin sekaligus menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriyah, Minggu (15/11) malam, di Masjid Al-Yasamin, Jalan Iskandar Muda Baru Medan Petisah. Acara tersebut turut dihadiri Ustaz Haikal Hassan.

MEDAN – Pembangunan masjid diharapkan disertai dengan keaktifan masyarakat sekitar untuk meramaikan. Tidak cukup dengan aktif salat wajib berjemaah saja, tetapi juga turut meramaikan dengan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya yang membawa banyak manfaat untuk umat.

Pesan ini disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah usai meresmikan Masjid Al-Yasamin sekaligus menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriyah, Minggu (15/11) malam, di Masjid Al-Yasamin, Jalan Iskandar Muda Baru Medan Petisah. Acara tersebut turut dihadiri Ustaz Haikal Hassan.

“Tadi saya sudah melihat-lihat bangunan masjidnya, Alhamdulillah megah dan bagus sekali. Apalagi yang membanggakan itu adalah pembangunan merupakan hasil swadaya masyarakat. Saya harap semangat kita bukan sebatas membangun, tapi juga aktif meramaikan,” ujar Wagub.

Terkhusus kepada Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Masjid Al-Yasamin, Wagub juga berpesan agar aktif merangkul masyarakat sekitar untuk lebih dekat dengan masjid. Khususnya para anak-anak, remaja dan para pemuda sekitar yang merupakan generasi penerus bangsa.

“Selamat datang dan terima kasih kepada Ustaz Haikal Hassan yang tidak bosan datang bolak-balik ke Medan. Mudah-mudahan kajian yang Ustaz sampaikan hari ini, menjadikan kita manusia yang lebih bertakwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia seperti Rasulullah,” ujar Musa Rajekshah.

Ustaz Haikal Hassan atau yang akrab disapa dengan Babe Haikal menyampaikan rasa bahagianya bisa hadir ke Kota Medan dan turut mengikuti peresmian Masjid Al-Yasamin. Rasa syukur juga ia ucapkan lantaran bisa bersilaturahmi dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan menjadi saksi bagi dua pemuda yang masuk Islam dalam kesempatan tersebut.

Kepada Wagub Musa Rajekshah, Ustaz Haikal mengungkapkan kesan baik dan pujian atas sosok Wagub Musa Rajekshah yang hadir sebelum acara dimulai dan turut melaksanakan Salat Isya berjemaah dengan masyarakat setempat. “Pak Wagub ini adalah salah satu contoh pemimpin sejati. Salat bersama rakyat, pemimpin seperti ini yang kita butuhkan,” pujinya.

Ustaz Haikal membenarkan pernyataan Wagub Musa Rajekshah agar masyarakat giat memakmurkan masjid. Jika tidak memiliki kemampuan membangun masjid, minimal ikut memakmurkan dengan aktif beribadah di masjid. Kajian berikutnya yakni terkait kisah Nabi Muhammad SAW untuk memetik hikmah pada peringatan hari lahir Rasulullah.

Sebelumnya, Ketua BKM Al Yasamin M Syukur merasa haru lantaran masjid yang telah berdiri sejak tujuh tahun lalu ini akhirnya diresmikan hari ini oleh Wagub Musa Rajekshah dan Ustaz Haikal. Terima kasih juga ia sampaikan kepada masyatakat dan undangan yang antusias dan turut meramaikan peresmian.

Acara diawali dengan pembacaan lantunan ayat suci Quran oleh Ustaz Ja’far Hasibuan. Dilanjutkan dengan memberi santunan pada anak yatim dan peresmian masjid. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wagub Musa Rajekshah dan Ustaz Haikal Hassan. Berikutnya, pengguntingan pita dan berkeliling meninjau bangunan masjid. Turut hadir Ketua Panitia Penyelenggara Muhammad Sidik Saleh, mewakili Pemko Medan, camat, lurah, undangan dan masyarakat setempat.** (H16)