Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) R.Sabrina menyerahkan bantuan berupa 30.000 buah Masker Bedah Medis Sekali Pakai kepada Sekretaris Daerah Kota Binjai M.Mahfullah Daulay di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut Jl.Jend Sudirman No.41 Medan. Senin (13/7). Bantuan tersebut berasal dari Mr. Zhang Guisen Walikota Nan An Municipal People's Government China sebagai Sister City Kota Binjai yang diwakili oleh Mrs. Sun Ang Konsul Jenderal China di Medan.

MEDAN – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) R Sabrina menerima bantuan penanganan Covid-19 berupa 30.000 buah masker bedah medis sekali pakai dari Nan An Municipal People’s Government Tiongkok, Senin (13/7), di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, Jalan Sudirman Nomor 41 Medan. Puluhan ribu masker tersebut akan diserahkan kepada GTPP Covid-19 Binjai selaku Kota Kembar dari Kota Nan An.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Konsul Jenderal (Konjen) Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Medan Qiu Weiwei kepada Sekda. Sebagai Tim GTPP Covid-19 Sumut, Sabrina kemudian menyerahkannya kepada GTPP Covid-19 Kota Binjai yang diterima Sekda Kota Binjai M Mahfullah P Daulay.
“Masker ini salah satu senjata kita yang paling diandalkan untuk melawan Covid-19, karena peluang penularan virus itu bisa mencapai 75% tanpa masker. Jadi, saya harapkan ini disalurkan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya di Kota Binjai. Apalagi jelang kesiapan New Normal, masker benda wajib kalau kita kemana-mana,” pesan Sabrina.

Konjen RRT Qiu Weiwei menyampaikan bahwa 30.000 buah masker yang diserahkan merupakan bantuan dari Walikota Nan An Municipal People’s Government Mr Zhang Guisen. Hal ini sebagai bentuk solidaritas, dukungan dan kepedulian dalam melalui masa-masa berat di tengah pandemi.
“Apalagi Binjai merupakan Kota Kembar dari Nan An, sudah sepatutnya saling membantu,” katanya.

Chairman Sister Province Association Indra Wahidin menambahkan bahwa bantuan ini merupakan bantuan ketiga dari Pemerintah Cina ke Sumut. “Memang dari nilai tidak seberapa, tetapi jika kita lihat perjalanan bantuan ini cukup jauh. Apalagi, sekarang banyak pembatasan mobilitas. Seperti harapan Ibu Konsul Jenderal RRT, bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ucap Indra.

 

Sekda Kota Binjai M Mahfullah P Daulay menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Tiongkok khususnya Kota Nan An selaku Kota Kembar dari Kota Binjai. Sesuai amanah yang disampaikan, masker akan disalurkan kepada masyarakat di sana.

“Di Kota Binjai sudah terbit Peraturan Walikota Nomor 16 Tahun 2020 tentang Kewajiban Memakai Masker. Jadi, 30.000 masker ini tentunya membantu dan berguna sekali untuk masyarakat Kota Binjai. Seperti kata Ibu Sekda, masker ini sangat berguna sekali dalam membantu persiapan jelang New Normal nantinya,” tutur Mahfullah. (H16)