Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menghadiri Pelantikan Badan Pengurus Daerah (BPD) Pemuda Maluku Indonesia Bersatu (PMIB) Provinsi Sumut Masa Bakti 2020-2023, Sabtu (17/10), di Champion Cafe, Jalan Dr Mansyur Medan.

MEDAN – Kehadiran organisasi kesukuan maupun kepemudaan lainnya diharapkan tidak hanya menjadi tempat untuk membangun kebersamaan dan silaturahmi. Tetapi juga harus bisa melahirkan inovasi dan menghadirkan program, serta kegiatan kemasyarakatan yang bermanfaat.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah usai menghadiri Pelantikan Badan Pengurus Daerah (BPD) Pemuda Maluku Indonesia Bersatu (PMIB) Provinsi Sumut Masa Bakti 2020-2023, Sabtu (17/10), di Champion Cafe, Jalan Dr Mansyur Medan.

“Sehingga keberadaan kita itu dirasakan kehadirannya secara langsung oleh masyarakat. Seperti tema pelantikan hari ini yakni ‘Tampil sebagai Pemuda yang Memiliki Integritas Tinggi Peduli Terhadap Sesama’. Apalagi di masa pandemi saat ini, kepedulian terhadap sesama menjadi sangat penting,” ujar Wagub.

Wagub juga mengapresiasi rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan BPD PMIB Sumut dalam rangka pelantikan pengurus. Salah satunya adalah donor darah yang berhasil mengumpulkan hampir 200 kantong darah.  “Mudah-mudahan usai pelantikan ini lebih banyak lagi kegiatan-kegiatan serupa yang terselenggara di masa depan khususnya yang memiliki manfaat besar untuk masyarakat,” tutur Wagub.

Berikutnya, Wagub juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus pusat yang memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk melantik BPD PMIB Sumut Masa Bakti 2020-2023. Selain itu, sejak BPD PMIB Sumut berdiri, lanjut Wagub, dirinya selalu dilibatkan dan memperoleh amanah menjadi ketua dewan pembina hingga saat ini.

“Terakhir, pesan saya PMIB Sumut berbaur dengan seluruh lapisan masyarakat di Sumut dan turut serta bersinergi dalam mewujudkan pembangunan di Sumut. Jaga selalu kebersamaan dan kekompakan dalam organisasi,” tutupnya.

Ketua Umum PMIB Ronald A Syauta yang menyaksikan pelantikan secara virtual mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru dilantik. Begitu pula kepada Wagub Musa Rajekshah yang berkenan hadir dan melakukan prosesi pelantikan dengan menyerahkan pataka kebesaran PMIB kepada Ketua BPD PMIB Sumut 2020-2023 Fitri Octavia Noya.

“Seperti yang Wagub sampaikan saat melantik, semoga pengurus PMIB Sumut bisa mengibarkan panji-panji kebesaran di seluruh penjuru Sumut. Sebagai pendatang, jangan lupa berbaur dan saling peduli dengan masyarakat tempat kita bernaung saat ini. Sebelum ada PMIB Sumut, hubungan kita sangat baik dengan masyarakat Sumut. Dengan adanya organisasi ini harus bertambah baik,” ujar Ronald.

Sementara itu, Ketua BPD PMIB Sumut Masa Bakti 2020-2023 Fitri Octavia Noya mengaku merasa bangga dan terharu lantaran acara pelantikan akhirnya bisa terselenggara setelah ditunda berkali-kali. Pelantikan kali ini merupakan periode ketiga dirinya menjabat sebagai Ketua BPD PMIB Sumut.

Acara pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, laporan ketua panitia, doa dan pembacaan SK Pelantikan oleh Sekjen BPP PMIB Darmi Marasabessy, pelantikan yang ditandai dengan penyerahan pataka oleh Wagub Musa Rajekshah kepada Ketua BPD PMIB Sumut Masa Bakti 2020-2023 Fitri Octavia Noya, dan dilanjutkan dengan acara ramah tamah.

Turut hadir pengurus BPP PMIB secara virtual, dewan penasehat dan pembina, pengurus dan anggota BPD PMIB Sumut, serta Ketua Panitia Pelantikan BPD PMIB Sumut Masa Bakti 2020-2023 Jefrizal Titaley.** (H16)