MEDAN – Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meresmikan  Stroke Center yang berada di Lantai 10, Rumah Sakit Umum (RSU) Royal Prima, Jalan Ayahanda Nomor 68A, Medan, Senin (13/1). Stroke Center tersebut diharapkan dapat meningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Sumut.

“Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sangat menyambut baik atas dibangunnya pusat pelayanan Stroke Center Rumah Sakit Umum Royal Prima ini, semoga ke depannya semakin meningkat kualitas pelayanan kesehatan kita, sehingga masyarakat kita tidak lagi berobat ke luar negeri lagi,” ujar Wagub.

Wagub juga menyoroti tentang warga Sumut gemar berobat ke luar negeri, padahal saat ini dokter yang ada di Sumut kualitasnya tidak kalah dibanding dokter luar negeri. “Pelayanan kesehatan itu tidak hanya tugas dari pemerintah. Kita harus introspeksi diri, agar kita tahu ada kekurangan dari kita, kalau dari kualitas dokter kita tidak kalah dengan dokter yang ada di luar sana, kita hanya kalah di pelayanan dan alat saja, untuk itu mari kita bersama untuk menuntaskan masalah itu,” ujar Musa Rajekshah.

Musa Rajekshah juga berpesan, agar rumah sakit tidak hanya berorientasi pada keuntungan saja, tetapi juga terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Kami harapkan peran kemanusiaanya juga harus dikedepankan, karena ada juga masyarakat kita yang kurang mampu. Harapan kami RSU Royal Prima juga membantu kami untuk mewujudkan kesehatan masyarakat, saya rasa hal itu pun sudah banyak dilakukan oleh dokter-dokter di sini,” ungkap Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.

Ijeck juga memberikan masukan agar ke depannya dokter harus tepat berhati-hati dalam mendiagnosis penyakit. “Berobat di luar belum tentu juga lebih baik, karena bisa saja dokter salah mendiagnosis, bukan maksud saya menggurui, tapi mendiagnosis penyakit itu teramat penting untuk melakukan penyembuhan, salah diagnosis malah bisa membuat kita tambah sakit,” ujar Ijeck.

Setelah menggunting pita sebagai tanda diresmikanya Stroke Center RSU Royal Prima, Wagub pun juga meninjau satu demi satu ruangan pasien sembari menyapa pengunjung yang sedang berobat. Tidak hanya sendiri, Wagub turut ditemani Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit Hasibuan, Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution, dan GM PLN Unit Induk Wilayah Sumut Irwansyah Putra.

Sebelumnya, Direktur Utama RSU Royal Prima Suhartina Darmadi mengaku siap mendukung program dari Dinas Kesehatan Sumut untuk mewujudkan kesehatan yang bermartabat. “Terima kasih atas perhatian Bapak Wakil Gubernur yang mau meluangkan waktu untuk meresmikan Stroke Center kita, semoga dengan ini mampu memotivasi kami untuk peningkatan pelayanan. Kami juga siap mendukung program dari Dinas Kesehatan Pemprov Sumut guna mewujudkan kesehatan yang bermartabat,” terangnya.